Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Sandiaga Akan Dorong Peran Perempuan dalam Perekonomian

Kompas.com - 13/04/2019, 21:23 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memastikan pihaknya akan lebih mendorong peran perempuan dalam membangun perekonomian.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, banyak perempuan yang saat ini bertahan hidup menjadi tulang punggung perekonomian keluarga.

Namun, Sandi banyak mendengar keluhan sulitnya akses terhadap pasar, termasuk permodalan.

"Bagaimana memberikan program yang berkesinambungan. Kami punya 7 langkah PAS," ujar Sandiaga dalam debat capres-cawapres kelima di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: Sandiaga Ungkap 7 Langkah untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Pertama, kata Sandi, dengan mendaftarkan para perempuan yang ingin mandiri untuk ikut dalam program wirausaha. Kedua, yakni mengikutkan mereka pada pelatihan yang berjenjang.

"Kita mau dia punya basic knowledge," kata Sandi.

Selanjutnya, Sandi memastikan bahwa ada tenaga profesional yang akan mendamping para perempuan dalam pelatihan maupun menjalankan usahanya. Ia menambahkan, 80 persen kegagalan perempuan yang terjun ke bisnis karena tidak punya pendampingan.

Keempat, Prabowo-Sandi juga akan membantu dari segi perizinan. Sandi mengatakan, banyak usaha perempuan yang kesulitan mengurus perizinan usaha karena tinggal di perumahan. Sandi memastikan akan membantunya dengan program OK OCE. Langkah selanjutnya adalah dukungan dalam pemasaran.

Baca juga: Debat Terakhir, Maruf Amin Pamerkan Kredit UMi dan Bank Wakaf Mikro

Sandi menambahkan, pihaknya juga akan membantu dari segi administrasi keuangan agar pelaku usaha melek bagaimana menghitung untung rugi.

"Terakhir, akses permodalan. Karena perempuan luar biasa kalau dikasih pinjam uang, 99,99 persen uangnya balik," kata Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com