Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Luar Ekspektasi, Pertumbuhan Ekonomi China 6,4 Persen pada Kuartal I 2019

Kompas.com - 17/04/2019, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China tercatat di luar ekspektasi pada kuartal I 2019. Ini berdasarkan data resmi yang dirilis hari ini, Rabu (17/4/2019).

Dilansir dari BBC, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,4 persen pada kuartal I 2019. Angka ini melampaui proyeksi Reuters yang mencapai 6,3 persen.

Pemerintah China telah mengambil sejumlah langkah untuk menggenjot perekonomiannya yang melambat, termasuk pemangkasan pajak, sementara pada saat bersamaan tidak menaikkan utang.

Ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut pun menghadapi pelemahan permintaan global terhadap produk-produknya. China pun menghadapi perang dagang dengan AS.

Baca juga: China Turunkan Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Angka pertumbuhan ekonomi China sangat dinantikan untuk mengetahui dampaknya terhadap perekonomian global.

Data terkini tersebut sejalan dengan angka 6,4 persen yang dicatatkan pada kuartal I 2019. Selain itu, angka pertumbuhan ekonomi China juga diikuti dengan kenaikan tajam pada data hasil produksi pabrik, yakni produksi industri naik 8,5 persen pada Maret 2019.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa perekonomian China mengakhiri kuartal I dengan catatan yang kuat," kata Julian Evans-Pritchard, ekonom dari Capital Economics China.

Pemerintah China sendiri memproyeksikan pertumbuhan ekonomi antara 6 hingga 6,5 persen pada tahun 2018. Pemerintah China pun telah mendorong pertumbuhan ekonomi menjauh dari orientasi ekspor untuk lebih bergantung pada konsumsi domestik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com