Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Meningkat, RFB Catatkan Kinerja Positif di Kuartal I 2019

Kompas.com - 07/05/2019, 13:51 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pialang di Indonesia, PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) kembali mencatat kinerja yang positif pada kuartal pertama 2019.

Berdasarkan laporan hasil kinerja Perseroan total volume transaksi naik 32,41 persen menjadi 365,796 lot, dibandingkan kuartal pertama di 2018 yakni sebesar 276,265 lot.

CEO PT Rifan Financindo Berjangka, Teddy Prasetya, mengatakan, total volume transaksi bilateral atau Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) Perseroan menjadi katalis dengan kontribusi mencapai 81,80 persen dan tumbuh dari jumlah transaksi sebesar 58,35 persen atau 299,206 lot. Sementara total volume transaksi multilateral sedikit terkoreksi 23,73 persen dari kuartal pertama pada 2018.

"Tertekannya harga komoditas domestik hingga akhir Maret ini, seperti minyak sawit, karet, emas, dan logam lainnya yang menunjukkan tren penurunan harga menyebabkan perlambatan pada volume transaksi multilateral," kata Teddy dalam keterangannya, Selasa (7/5/2019).

Baca juga: Mungkinkah Bitcoin Diperdagangkan di Bursa Berjangka Indonesia?

Dia menuturkan, atas pencapaian ini, RFB kembali berada di urutan pertama dari seluruh perusahaan pialang berjangka di Indonesia berdasarkan data Bursa Berjangka Jakarta dengan penguasaan pangsa pasar hingga 18,47 persen.

Sepanjang Januari hingga Maret 2019, total nasabah baru RFB naik sebanyak 922 nasabah. Dibandingkan 2018 pada posisi yang sama meningkat 39,49 persen.

"Strategi layanan edukasi dengan pengalaman yang menyenangkan menjadi andalan Perseroan untuk menjaring nasabah," tuturnya.

Guna melanjutkan komitmen dalam meningkatan literasi terhadap produk investasi derivatif di industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), sejak awal tahun ini RFB telah melaksanakan kegiatan edukasi antara lain, investor gathering, dan edukasi terhadap media di tujuh kota di seluruh Indonesia yang dimulai dari Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Pekanbaru, dan Jakarta.

“Seluruh sumber daya yang kami miliki sekarang akan terus kami perbesar dan perkuat, sehingga kami pun tetap optimistis bahwa target 1,5 juta lot hingga akhir 2019 akan tercapai dengan komposisi 1,1 juta lot untuk volume transaksi bilateral, dan 400 ribu lot untuk volume transaksi multilateral,” sebut Teddy.

RFB Berdiri sejak tahun 2000, RFB merupakan anggota dari dua bursa berjangka yang ada di Indonesia yaitu Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) serta anggota dari Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan Indonesia Clearing House (ICH).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com