Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN: Rencana Penyesuaian Harga Gas Sesuai Koridor Regulasi

Kompas.com - 26/08/2019, 18:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menyatakan, rencana penyesuaian harga gas kepada sejumlah konsumen merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk membiayai pembangunan infrastruktur gas bumi ke berbagai daerah dan peningkatan layanan ke konsumen.

Dikutip dari Kontan.co.id, Senin (26/8/2019), ini pun termasuk keandalan pasokan gas untuk penyaluran yang berkelanjutan.

"Kebutuhan pembiayaan infrastruktur gas untuk menjangkau sentra-sentra ekonomi baru seiring pembangunan jalan tol sangatlah besar. Sejak tahun 2013, PGN juga tidak pernah melakukan penyesuaian harga kepada mayoritas pelanggan industri," jelas Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya, Minggu (25/8/2019).

Rachmat menambahkan, sebagai subholding gas bumi, PGN memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk mewujudkan bauran gas bumi hingga 22 persen di tahun 2025.

Baca juga: Raih Pendapatan Rp 25,4 Triliun, PGN Siap Optimalkan Penggunaan Gas

Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, percepatan pembangunan infrastruktur mutlak dilakukan agar penggunaan gas bumi semakin meluas dan merata ke berbagai daerah.

"Selama ini kami selalu mengambil risiko untuk membangun infrastruktur gas, kendati pasokan dan pasarnya belum terjamin. Inilah peran yang selalu dijalankan PGN sebagai pionir pemanfaatan gas bumi di Indonesia," ujar Rachmat.

Berkat inisiatif dan peran pioniring PGN dan entitas anak usahanya, saat ini lebih dari 10.000 kilometer jaringan pipa gas telah terbangun dan telah melayani lebih dari 300.000 konsumen dari berbagai segmen.

Adanya infrastruktur gas bumi memastikan gas bumi dapat tersalurkan secara berkelanjutan.

Baca juga: PGN dan PHRI Sepakat Kerja Sama Pemanfaatan Energi Gas

Sampai tahun 2024, PGN berencana membangun sejumlah infrastruktur baru, antara lain membangun jaringan pipa distribusi sepanjang 500 km, pipa transmisi 528 km, 7 LNG filling station untuk truk/kapal, 5 FSRU, 3,59 juta sambungan rumah tangga dan 17 fasilitas LNG untuk mensuplai kebutuhan kelistrikan dan menjangkau wilayah geografis dengan karakteristik kepulauan di seluruh wilayah Indonesia. (Yudho Winarto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rencana penyesuaian harga gas sesuai koridor regulasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com