Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Pelabuhan, Waskita Beton Kerja Sama dengan Anak Usaha Pertamina

Kompas.com - 13/02/2020, 12:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menyepakati kerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental.

Ini merupakan kerja sama dalam bidang perbaikan dan pembangunan pelabuhan di lokasi pekerjaan milik anak usaha PT Pertamina (Persero) yang memiliki kegiatan usaha dalam bidang jasa pelayaran, jasa maritim dan jasa logistik serta kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha tersebut.

Kerja sama ini berupa Kerja Sama Operasi (KSO) dalam bentuk Portion. WSBP sebagai mitra akan berperan sebagai Perencana/Engineer, Supply Beton Precast, Readymix, dan Kontraktor.

Baca juga: Bantu Korban Banjir, Waskita Beton Salurkan Rp 600 Juta

"Kerja sama bisnis ini berlaku selama 2 tahun sejak perjanjian ini ditandatangani dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua pihak perusahaan," ujar Direktur Waskita Beton Precast Jarot Subana dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Jarot menyatakan, perseroan akan terus memperluas perolehan kontrak proyek dari pasar eksternal melalui kerja sama dengan berbagai perusahaan baik BUMN, swasta, pemerintah hingga perusahaan di luar negeri.

Adapun perseroan peningkatan kontrak eksternal mencapai 83,01 persen atau Rp 2,43 triliun pada tahun 2018 menjadi Rp 4,44 triliun pada tahun 2019.

"Hal ini didukung dengan perolehan kontrak eksternal sebesar 63,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 36 persen," ujar Jarot.

Baca juga: Punya Dua Pabrik, Waskita Beton Precast Siap Pasok Proyek Kereta

Beberapa proyek besar lainnya yang telah diperoleh perseroan sebelumnya antara lain Proyek Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) Seksi 2 dan 3, Apartement Tokyo Riverside, dan Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 6C.

Kemudian, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Ramp on & off, Bandara Kulonprogo, Bendungan Leuwikeris, Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Addendum Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi II, Bandara Sultan Hasanuddin, dan proyek lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com