Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang Rp 30 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Kompas.com - 01/04/2020, 16:06 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Prajogo Pangestu, pengusaha pendiri dan pimoinan Barito Pacific Group menyalurkan bantuan senilai Rp 30 miliar untuk penanganan virus corona (Covid-19).

Bantuan ini akan diserahkan secara bertahap.

Sumbangan ini disalurkan untuk rumah sakit di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Bantuan diperoleh dari dua anak perusahaan Barito Pacific Group, yaitu Chandra Asri Petrochemicals, Star Energy serta Yayasan Bakti Barito.

Baca juga: Tangani Corona, Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang Rp 2 Miliar

“Kami turut berempati dan merasa prihatin terhadap mereka yang langsung terkena dampak dari pandemi ini. Hal itu sejalan pula dengan arahan founder Barito Pacific Prajogo Pangestu yang ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah, dalam menangani masalah pandemik Covid 19," ujar Direktur Utama Barito Pacific Agus Salim Pangestu dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Agus menyebutkan, bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes Covid-19 yang terdiri dari polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit.

Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta 2 unit ventilator.

Selain itu juga diberikan bantuan lain sebanyak 60.000 alat pelindung diri, puluhan alat terapi oxygen, ratusan sarung tangan, sepatu boots, dan peralatan lainnya.

Baca juga: Bakrie Group Sumbang Rp 20 Miliar untuk Atasi Corona

"Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akir Maret dan berlanjut hingga sekarang dan waktu waktu mendatang," jelas Agus.

Rumah sakit yang akan menerima bantuan ini adalah, RSPI Sulianti Saroso, RS Harapan Kita, RSUP Persahabatan, RS St Carolus dan RSCM.

Untuk Banten terdiri dari RSUD Cilegon, RSUD Serang, RSUD Provinsi Banten serta RS Krakatau Medika.

Kemudian di provinsi Jawa Barat terdiri dari RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, dan RSUD Slamet Garut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com