Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan ORI017 Pecah Rekor, Milenial Jadi Investor Mayoritas

Kompas.com - 13/07/2020, 16:38 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melaksanakan penetapan hasil penjualan Obligasi Negara Ritel Seri ORI017 dengan total volume pemesanan pembelian Rp 18,24 triliun.

Dana hasil penjualan ORI017 tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan APBN 2020, termasuk untuk program penanggulangan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19.

"Walaupun ORI017 ditawarkan di tengah kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian, animo masyarakat untuk berinvestasi di ORI017 sangat tinggi. Hal ini terbukti dari ORI017 yang memecahkan rekor penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel tertinggi sejak dijual secara online di tahun 2018," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman dalam keterangannya, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Simak, Cara Menentukan Saat yang Tepat untuk Menabung atau Investasi

Luky menjelaskan, rekor tersebut meliputi nominal hingga total investor maupun jumlah investor baru.

Tercatat jumlah investor terbesar yang membeli ORI017 berasal dari kelompok generasi milenial (yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000), yaitu sebanyak 18.452 investor (43 persen dari total investor). 

Selain itu, porsi investor dari kelompok generasi Z (lahir pada kisaran tahun 2000-an) yang merupakan usia pelajar juga meningkat dibandingkan pada penerbitan ORI di tahun sebelumnya (1 persen di ORI017 vs 0,22 persen di ORI016).

Adapun untuk investor generasi X (lahir pada tahun 1965 hingga 1979) sebesar 31 persen, generasi baby boomers (1946-1964) 23 persen, dan generasi tradisionalis sebesar 2 persen.

Dari segi profesi, sebagian besar investor berlatar belakang pegawai swasta (37 persen), kemudian diikuti wiraswasta (27 persen) dan di posisi ketika diduduki oleh investor yang berprofesi ibu rumah tangga (9 persen).

Luky menjelaskan tingginya animo masyarakat tersebut dipengaruhi berbagai aspek, antara lain karena keamanan. ORI merupakan produk investasi yang diterbitkan pemerintah sehingga terjamin pembayaran pokok dan kuponnya serta ditawarkan dengan imbal hasil yang menarik.

Selain itu, juga karena aspek kenyamanan di tengah kondisi pembatasan sosial, proses pemesanan ORI017 yang dapat dilakukan secara online, serta aspek kepedulian sosial sebagai bentuk dukungan masyarakat untuk bergotong-royong bersama Pemerintah mengatasi dampak pandemi Covid-19.

"Selain sebagai sumber pembiayaan APBN, penerbitan ORI017 sebagai bagian dari SBN ritel juga ditujukan sebagai upaya untuk menumbuhkan budaya berinvestasi sekaligus mewujudkan kemandirian dalam pembiayaan negara," ujar Luky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com