Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM:1,4 Juta UMKM Sudah Go Digital

Kompas.com - 12/08/2020, 14:41 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit menyatakan, hingga saat ini tercatat ada sebanyak 1,4 juta pelaku UMKM yang sudah masuk ke ranah digital.

Dengan begitu kata dia target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 2 juta pelaku UMKM yang harus masuk ke digital di tahun ini bisa tercapai.

"Puji syukur sampai bulan ini ada sebanyak 1,4 juta pelaku UMKM yang sudah Go Digital, artinya target yang 2 juta pelaku UMKM dari pemerintah harus bisa masuk digital di tahun 2020 itu bisa kita capai, bahkan harus bisa kita lewati," ujarnya dalam diskusi Shopee Bersama UMKM yang disiarkan secara virtual, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: idEA Dorong Pelaku UMKM Terjun ke Ranah Digital

Selain itu, Victoria menyebut, dari bulan Mei ketika target ini diberikan, pertumbuhan jumlah pelaku UMKM yang masuk ke digital, lambat laun naik signifikan.

Sebab, kata dia, banyak pelaku UMKM yang mengaku benar-benar menikmati manfaat dari penggunaan digitalisasi, sehingga para pelaku UMKM banyak yang mengajak pelaku UMKM lainnya agar mau ikut bergabung.

"Banyak mereka yang menceritakan testimoni-testimoni dari manfaat digital ini dan mereka benar-benar menikmatinya. Jadi saya rasa karena testimoni ini pelaku UMKM yang lainnya merasa tertarik untuk bergabung," jelasnya.

Dia juga mengatakan pihaknya membuka kesempatan seluas-seluasnya kepada siapapun termasuk platform e-commerce yang ingin bergabung dan berkolaborasi untuk mau membantu dalam mengembangkan para UMKM.

Baca juga: Gojek Dorong UMKM Go Digital

Dengan begitu dia berharap ekonomi Indonesia bisa kembali berputar dan Indonesia bisa terbebas dari resesi.

"Kami selalu mendorong dan mendukung agar UMKM untuk terus bergerak aktif, makanya kami di Kemenkop selalu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang mau berkolaborasi untuk bergabung menggerakkan bersama UMKM kita sehingga kita bisa jauh dari resesi," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com