Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2020, 21:32 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Public Policy & Government Relation idEA Rofi Uddarajot meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa segera Go Digital.

Sebab, menurut dia, moment pandemi Covid-19 membuat perilaku konsumen menjadi bergeser.

"Harusnya moment ini bisa dimanfaatkan karena kalau kita lihat perilaku konsumen itu mulai bergeser, sehingga mau tidak mau UMKM juga harus beralih Go Online," ujarnya dalam Webinar Gotong-royong #JagaUMKM Indonesia yang disiarkan secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Selain itu Rofi juga menyebutkan berdasarkan data dari Kominfo ada sekitar 8 juta pelaku UMKM dari total keseluruhan 60 juta UMKM yang sudah On Boarding ke platform digital.

Baca juga: Gojek Dorong UMKM Go Digital

Pihkanya pun mencanangkan tambahan sebanyak 2 juta pelaku UMKM yang sudah harus On Boarding sampai akhir 2020.

"Melalui program Bangga Buatan Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah, kami mencanangkan tambahan 2 juta UMKM yang harus sudah On Boarding sampai akhir 2020," katanya.

Kebutuhan masyarakat pun juga ikut bergeser. Sebelumnya konsumen hanya mencari barang-barang tersier di marketplace, kini semenjak adanya pandemi konsumen lebih banyak mencari kebutuhan primer dan sekunder seperti bahan makanan, alat kesehatan dan kebutuhan lain yang lebih mendesak.

"Kami melihatnya memang di saat ada Covid-19 ini yang offline itu banyak yang ditutup karena ada kejadian yang tidak kita harapkan, kemudian banyak UMKM yang memanfaatkan platform digital sebagai alternatif untuk berjualan. Kami mengajak semua UMKM yang terdampak harus bisa masuk ke online karena bagaimanapun juga inovasi teknologi tidak bisa dibendung," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com