idEA Dorong Pelaku UMKM Terjun ke Ranah Digital

Kompas.com - 11/08/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Public Policy & Government Relation idEA Rofi Uddarajot meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) harus bisa segera Go Digital.

Sebab, menurut dia, moment pandemi Covid-19 membuat perilaku konsumen menjadi bergeser.

"Harusnya moment ini bisa dimanfaatkan karena kalau kita lihat perilaku konsumen itu mulai bergeser, sehingga mau tidak mau UMKM juga harus beralih Go Online," ujarnya dalam Webinar Gotong-royong #JagaUMKM Indonesia yang disiarkan secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Selain itu Rofi juga menyebutkan berdasarkan data dari Kominfo ada sekitar 8 juta pelaku UMKM dari total keseluruhan 60 juta UMKM yang sudah On Boarding ke platform digital.

Baca juga: Gojek Dorong UMKM Go Digital

Pihkanya pun mencanangkan tambahan sebanyak 2 juta pelaku UMKM yang sudah harus On Boarding sampai akhir 2020.

"Melalui program Bangga Buatan Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah, kami mencanangkan tambahan 2 juta UMKM yang harus sudah On Boarding sampai akhir 2020," katanya.

Kebutuhan masyarakat pun juga ikut bergeser. Sebelumnya konsumen hanya mencari barang-barang tersier di marketplace, kini semenjak adanya pandemi konsumen lebih banyak mencari kebutuhan primer dan sekunder seperti bahan makanan, alat kesehatan dan kebutuhan lain yang lebih mendesak.

"Kami melihatnya memang di saat ada Covid-19 ini yang offline itu banyak yang ditutup karena ada kejadian yang tidak kita harapkan, kemudian banyak UMKM yang memanfaatkan platform digital sebagai alternatif untuk berjualan. Kami mengajak semua UMKM yang terdampak harus bisa masuk ke online karena bagaimanapun juga inovasi teknologi tidak bisa dibendung," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X