Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Vaksinasi, Kemenaker Berharap 2 Juta Penduduk Bisa Kembali Bekerja di 2022

Kompas.com - 12/01/2021, 20:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berharap vaksinasi Covid-19 bisa membantu target pemerintah untuk kurangi angka pengangguran.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi menuturkan, pemerintah melalui Kemenaker menargetkan sebanyak 2 juta orang yang menganggur dapat kembali bekerja pada tahun 2022.

"Sebagaimana lima tahun lalu, dalam masa recovery hingga setidaknya 2022, kami targetkan 2 juta penduduk dapat bekerja dan angka pengangguran kembali on the track. Kita tekan dikisaran 5 persen seperti sebelum adanya pandemi," katanya kepada Kompas.com, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Pengunjung Restoran Kian Dibatasi Selama PPKM, Begini Keluh Kesah Pengusaha

Harapan lainnya kata dia, adanya pemberian vaksin covid, ekonomi nasional bisa segera pulih dan menciptakan lapangan kerja baru bagi para tenaga kerja yang terdampak akibat pandemi.

"Setelah vaksin diberikan secara bertahap, tentu kita harap aktivitas ekonomi kembali bergeliat dan berdampak pada tren pertumbuhan ekonomi yang positif. Operasional dunia usaha dapat berjalan seperti sedia kala, dan lapangan kerja kembali terbuka didukung dengan investasi," harapnya.

Pada Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah angka pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta orang atau naik 2,67 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, pandemi Covid-19 membuat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mengalami kenaikan dari 5,23 persen menjadi 7,07 persen.

Baca juga: Sandiaga Uno Temui Sri Mulyani, Ini yang Dibahas

Berdasarkan lokasi, jumlah pengangguran di kota mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan di desa. Di kota, tingkat pengangguran meningkat 2,69 persen sementara di desa hanya 0,79 persen.

Peningkatan TPT terjadi lantaran terjadi peningkatan jumlah angkatan kerja per Agustus 2020 sebesar 2,36 juta orang menjadi 138,22 juta orang. Meski terjadi kenaikan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 0,24 persen poin menjadi 67,77 persen namun terjadi penurunan jumlah penduduk yang bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com