Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki Ramadhan, Bhinneka.com Catat Lonjakan Penjualan di Sejumlah Kategori Barang

Kompas.com - 30/04/2021, 15:58 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce Bhinneka.com mencatat sepanjang Ramadan 2021 terjadi peningkatan penjualan pada beberapa kategori produk, utamanya makanan dan kebutuhan harian, alat kesehatan, produk digital, dan peralatan kantor.

Tercatat, peningkatan transaksi di dua minggu pertama Ramadan mencapai 30 persen. Kenaikan ini diprediksi akan meningkat mendekati Lebaran.

“Gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya, dan kami sangat senang bisa membantu memberikan semua sumber daya dan teknologi untuk itu. Sehingga dampak ekonomi dari pandemi bisa diringankan, setidaknya bagi ribuan merchant yang ada di Bhinneka.Com,” tutur Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin dalam keterangan resminya, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Bandara Kertajati Disarankan Jadi Hub E-Commerce Indonesia

Vensia menjelaskan, jika tahun lalu memasuki Ramadan masyarakat sibuk melakukan adaptasi, pada tahun ini Bhinneka.Com mencatat tingginya permintaan perangkat tes usap Covid-19 untuk keperluan korporasi dan suplemen kesehatan, serta bahan pangan.

Sementara pengiriman belanja terjauh tercatat ke Kota Jayapura dan Merauke, yang memberi gambaran pada kita pada perubahan kebiasaan konsumen dan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

"Data-data ini menandakan roda bisnis yang terus berjalan dan beradaptasi di era kenormalan baru," jelasnya.

Secara garis besar, pertumbuhan di Bhinneka.com ini merupakan bagian dari proses yang telah berjalan sejak pertengahan 2020 lalu.

Yang terbaru, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggandeng Bhinneka.Com untuk menyediakan teknologi dan platform digital bagi para pelaku UMKM setempat.

Baca juga: Pinduoduo, Raksasa Baru E-Commerce China yang Mulai Saingi Alibaba

 

Selain demi memenuhi kebutuhan warga Kota Mojokerto dan sekitarnya; memenuhi kebutuhan pengadaan instansi pemerintah, bahkan juga untuk bisa dijangkau seluruh Indonesia. Dengan semangat lokal untuk lokal, diharapkan produk lokal jadi juara di daerahnya masing-masing untuk kemudian merambah ke daerah lain di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com