Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Pelapak Asing Hilang dari Peredaran, Ini Penjelasan Shopee

Kompas.com - 10/05/2021, 16:11 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sehari terakhir, viral pemberitaan mengenai hilangnya produk impor seperti pakaian, make up, hingga perlengkapan rumah tangga di platform e-commerce Shopee.

Menanggapi hal tersebut, pihak Shopee Indodnesia menyatakan, mereka tengah mengkaji ulang kebijakan terkait penjualan barang impor (cross border) yang dilakukan oleh pelapak asing.

"Shopee sedang mengkaji ulang kebijakan produk yang boleh dijual di Shopee," jelas Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Shopee Jual 130 Juta Produk Selama Big Ramadan Sale 2021

Ia pun menegaskan, kebijakan yang menyebabkan barang pelapak asing hilang dari platform tersebut merupakan kebijakan dari pihak Shopee. Menurut Radityo, hal itu dilakukan agar ekosistem dan pengalaman belanja di e-commerce tersebut bisa lebih baik.

Selain itu, Shopee juga menyediakan laman khusus 'Bangga Buatan Indonesia' dengan berbagai diskon dan promo lain.

"Kebijakan ini merupakan kebijakan Shopee, untuk menciptakan ekosistem dan pengalaman belanja yang lebih baik," jelas dia.

Untuk diketahui, tweet mengenai barang pelapak asing yang hilang dari Shopee diunggah oleh akun @senjatanuklir.

Baca juga: Survei KIC: Shopee Sumbang Omzet Terbesar untuk UMKM Selama Pandemi

Di dalam utas tersebut, akun bernama Aurelia V mengatakan barang belanjaannya berupa baju impor yang masih ada di keranjang hilang.

Setelah melakukan konfirmasi ke pihak penjual toko baju China, yakni @trend2020.id pihak penjual mengatakan ada kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pelarangan impor.

Saat ini, unggahan tersebut telah direspons oleh 2.771 pengguna twitter, diunggah ulang oleh 1.445 akun, dan disukai oleh 12.100 orang.

Baca juga: Melalui Program Ekspor Shopee, Roughneck 1991 Jangkau Pasar di Brasil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com