Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Targetkan Holding BUMN Pariwisata Bisa Melantai di Bursa

Kompas.com - 12/07/2021, 20:32 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana membentuk holding pariwisata melalui perusahaan induk PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

Terkait rencana tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap holding BUMN pariwisata bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Suatu saat kita harapkan holding bisa IPO dan menjadi bagian dariapda perusahaan publik yang dimiliki bangs akita,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (12/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Sandiaga Uno Tetap Persiapkan Pembukaan Pariwisata

Dia menjelaskan, saat ini ada banyak potensi wisata di tanah air yang masih belum optimal. Melalui holding pariwisata, diharapkan ada sinergi dalam upaya memetakan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan lingkungan dengan kebijakan yang komperhensif.

“Pemikiran saya holding pariwisata ini bisa memetakan bahwa kita memiliki banyak potensi wisata di Indonesia yang belum dioptimalkan. Langkah kami di Kemenparkraf, betul-betul kita antsusias menyambut holding ini,” jelas dia.

Sandiaga juga berharap melalui holding pariwisata yang nantinya akan menggabungkan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor pariwisata, seperti Angkasa Pura, Garuda, Hotel, ITDC dan lainnya, dapat mengsinkronisasikan kebijakan.

“Kami ingin, secara berkesinambungan mewujudkan pariwisata era baru. Ide penggabungan ini selalu baik, tapi kuncinya adalah di eksekusi, dan kami juga memberikan masukan kepada Erick Thohir yang menjAdi perwakilan pemegang saham di holding tersebut,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com