Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak UMKM Go Digital, Jokowi: Bisa Jadi Rantai Pasok Dunia

Kompas.com - 22/10/2021, 11:59 WIB
Fika Nurul Ulya,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi digital.

Menurut dia, transformasi digital ini penting untuk diadopsi, utamanya ketika referensi belanja masyarakat berubah sejak pandemi Covid-19.

"Saya ingin menekankan pentingnya transformasi digital. Kita harus terus mendorong usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, untuk go digital, masuk ke toko online, masuk ke marketplace, masuk ke e-commerce," kata Jokowi dalam Peluncuran Logo MES, Jumat, (22/10/2021).

Baca juga: Teten: UKM Kita Sudah Banyak Transformasi, dari Keripik ke Elektrik

Jokowi menyatakan, transformasi digital membuka peluang bagi UMKM tumbuh lebih pesat, bahkan menjadi bagian dari rantai pasok global.

Hal ini mengingat berjualan secara online bisa diakses di mana saja tanpa batasan negara (borderless). Pun membuka peluang bagi UMKM Indonesia yang mayoritas warganya muslim menjadi rantai pasok industri halal.

"Dan (UMKM) bisa masuk ke supply chain nasional maupun global dan menjadi pemain utama dalam pertumbuhan industri halal di tingkat global," ucap Jokowi.

Presiden menyampaikan, Indonesia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia. Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia.

Berdasarkan data The State of Global Islamic Economic Indicator Report, sektor ekonomi syariah mengalami pertumbuhan dari tahun demi tahun. Tahun 2018, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia.

Baca juga: Transaksi QRIS Bank Syariah Indonesia Tumbuh 447 Persen

Kemudian di tahun 2020, ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat ke-4 dunia.

"Naik, naik, naik terus. Namun kita tidak boleh berpuas diri. Perlu ada upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah tumbuh lebih pesat lagi. Itulah peran penting yang harus dimainkan oleh masyarakat ekonomi syariah," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com