Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meroket 90 Persen Jadi 95 Juta, Pengguna DANA 2021 Cetak Rekor

Kompas.com - 29/01/2022, 19:08 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna dompet digital DANA sepanjang 2021 bertambah 45 juta atau naik 90 persen dari tahun sebelumnya menjadi 95 juta pengguna.

Chief of Product DANA Rangga Wiseno mengatakan, secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada Desember 2018.

Tahun sebelumnya, jumlah pengguna DANA bertambah 10 juta dari 40 juta menjadi 50 juta pengguna.

“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai sebuah kebutuhan. Sehingga, promosi tidak lagi menjadi faktor utama yang mempengaruhi mereka untuk mengadopsi dompet digital seperti DANA,” ujar Rangga Wiseno dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Sabtu (28/1/2022).

Baca juga: Sering Pakai Dompet Digital? Waspada Modus Penipuan Ini

Selain itu, sepanjang 2021 jumlah pengguna aktif juga naik hingga 101 persen. Sejalan dengan itu, volume transaksi pun bertumbuh 143 persen (year on year) dengan rata-rata 7 juta transaksi per hari.

Pertumbuhan juga terjadi pada sejumlah fitur yang selama ini menjadi favorit pengguna, yaitu QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, kirim uang, dan fitur DANA Bisnis yang berhasil meningkatkan transaksi 400.000 mitra UMKM sebesar 35 persen.

Pertumbuhan juga terjadi pada fitur Top Up sebesar 168 persen.

Rangga juga mengatakan, untuk meningkatkan keamanan, pihaknya menambah lapisan verifikasi yang kian canggih termasuk mengimplementasikan DANA VIZ untuk untuk menjaga data dan transaksi pengguna lewat verifikasi wajah.

Sementara dari segi aksesibilitas, DANA memiliki ekosistem terbuka (open platform) yang memungkinkannya untuk mengembangkan kapabilitas DANA dalam berbagai aktivitas, mendukung kebijakan pemerintah, hingga memperluas mitra global.

Misalnya, dengan menyematkan fitur Manage Limit Card dan Biller Subscription & Reminder, pengguna dapat mengontrol keuangannya langsung lewat DANA.

Selain itu, DANA juga mendukung sejumlah kebijakan dan inisiatif pemerintah seperti implementasi QRIS, Mitra Kartu Prakerja, Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3), dan sejumlah program lainnya. Hingga akhir 2021, DANA juga berhasil menggandeng sejumlah mitra global di antaranya TikTok, Google Play, Steam, Huawei Store, dan Netflix.

“Ke depan kami juga akan memperluas mitra strategi kami, dengan demikian, DANA dan mitra bisa saling tumbuh berdampingan dan memberikan dampak yang lebih besar bagi percepatan inklusi keuangan digital maupun pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap dia.

Baca juga: Cara Transfer DANA ke OVO dan Sebaliknya dengan Mudah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com