Kompas.com - 29/01/2022, 13:40 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Tenaga kerja Indonesia (TKI) kerap dijuluki sebagai pahlawan devisa. Namun, pernahkah terpikirkan mengapa TKI disebut sebagai pahlawan devisa?

Sebelum mengetahui alasan TKI disebut sebagai pahlawan devisa, ada baiknya memahami apa itu devisa terlebih dahulu.

Devisa adalah alat pembayaran antarnegara yang dapat diterima oleh dunia internasional. Jika devisa suatu negara selalu bertambah, kegiatan ekonomi di negara tersebut berkembang.

Devisa dapat berupa wesel asing, cek, valuta asing, emas batangan, surat-surat berharga, dan sebagainya. Devisa digunakan untuk melakukan transaksi antarnegara.

Lantas, apa hubungannya devisa dengan TKI?

Baca juga: 5 Negara Jadi Tujuan TKI Terbanyak

Dikutip dari buku Antologi Administrasi Publik dan Pembangunan oleh Fadillah Amin dkk, TKI turut menyumbang pemasukan devisa dalam bentuk remitansi ke Indonesia. Dengan adanya remitansi ini secara tidak langsung, negara mendapatkan keuntungan.

Menurut laman sikapiuangmu.ojk.go.id, remitansi adalah layanan jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh pengirim dari Indonesia ke penerima di luar negeri ataupun sebaliknya.

TKI dalam hal ini mengirimkan uang dari negara tempat dia bekerja ke Indonesia untuk keluarganya. Remitansi ini disebut remitansi masuk atau inward remittance.

Selanjutnya, uang tersebut akan digunakan keluarga dari TKI untuk keperluan sehari-harinya, baik untuk berbelanja maupun untuk modal usaha.

Baca juga: Berapa Rata-rata Gaji Pekerja Tidak Sekolah dan Tidak Tamat SD di RI?

Artinya, uang tersebut membantu perputaran roda perekonomian negara. Meskipun demikian, devisa atau remitansi yang dikirimkan TKI tidak masuk ke dalam pendapatan negara.

Menurut data Bank Indonesia, remitansi TKI pada tahun 2019 mencapai 11.435 juta dollar AS atau setara dengan Rp 164 miliar. Namun, angka tersebut mengalami penurunan menjadi 9.427 juta dollar AS pada 2020 setara Rp 135 miliar.

Sementara selama 2021, remitansi TKI pada kuartal I sebesar 2.260 juta dollar AS, kuartal II 2.277 juta dollar AS, dan kuartal III 2.303 juta dollar AS. Dengan demikian, pada semester I 2021, jumlah remitansi TKI sebesar 4.537 juta dollar AS atau setara Rp 65 miliar.

Dengan uang berjumlah ratusan miliar rupiah yang dikirimkan TKI dari luar negeri ke Indonesia, TKI menjadi sangat berjasa dalam membantu perekonomian negara. Itulah alasan mengapa TKI disebut sebagai pahlawan devisa.

Baca juga: Berbeda dengan Pekerjaan, Apa Itu Profesi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.