Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Kembali Imbau Masyarakat Tunda Balik Hari Ini, Kenapa?

Kompas.com - 08/05/2022, 20:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan balik pada hari ini, Minggu (8/5/2022), yang merupakan puncak arus balik. Artinya, sebagian masyarakat diimbau untuk melakukan perjalanan balik mulai Senin (9/5/2022).

Penundaan perjalanan balik itu dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan pada arus mudik karena diprediksi pergerakan kendaraan akan sangat padat hari ini. Hal ini mengingat hingga hari ini atau H+5 Lebaran, masih terdapat 46 persen masayarakat yang belum kembali pada arus balik.

“Silahkan kembali setelah hari ini. Masyarakat bisa merayakan Lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan,” ujar Budi Karya saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama seperti dikutip dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Arus Balik di Jalan Tol Cetak Rekor, Volume Kendaraan Naik 159 Persen

Ia mengungkapkan, pada H+4 kemarin, tercatat pergerakan kendaraan mengalami puncak tertinggi. Seperti dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, pergerakan kendaraan mencapai lebih dari 37.000 dalam sehari.

Sementara, untuk jalur tol Semarang ke Jakarta mencapai lebih dari 170.000 kendaraan. Jumlah itu menjadi rekor tertinggi sepanjang pengelolaan arus mudik dan balik.

Budi Karya pun meminta seluruh unsur terkait untuk tetap waspada dan kompak menjaga pergerakan di arus balik tetap terkendali. Menurutnya, dengan adanya rekayasa lalu lintas di jalur tol yang selama ini dilakukan, membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat. 

"Kalau tidak ada rekayasa, perjalanan Semarang ke Jakarta bisa 11 jam 30 menit. Dengan adanya rekayasa menjadi 6 jam 30 menit,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyampaikan, akan terus meningkatkan pengelolaan dan pengendalian lalu lintas di rest area di jalur tol. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan menambah petugas.

Baca juga: Pergerakan Arus Balik Penumpang dari Bakauheni Baru 40,78 Persen.

"Kemudian menghalau masyarakat yang memaksa masuk rest area yang sudah padat dengan menambah pembatas (rubbertone), dan mengoptimalkan pembawa BBM untuk melayani kendaraan yang membutuhkan bensin di jalur tol," jelas Danang.

Sebagai informasi, sejalan dengan imbauan menunda perjalanan balik, pemerintah telah memberikan izin bagi masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah tanggal 8 Mei 2022. Serta untuk anak sekolah ditambah masa liburnya selama tiga hari, yang semula 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022.

Khusus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah memberi arahan untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH) selama seminggu setelah puncak arus balik pada 8 Mei 2022.

Kebijakan itu untuk mengurangi kepadatan yang diprediksi terjadi selama arus balik. Berdasarkan arahan itu, maka PNS kemungkinan akan WFH mulai Senin, 9 Mei 2022 sampai Jumat, 13 Mei 2022 dan kembali bekerja di kantor mulai Senin, 16 Mei 2022.

Baca juga: Menaker Sarankan Pengusaha Terapkan WFH untuk Urai Kemacetan saat Arus Balik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com