Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+8 Lebaran, Arus Balik Penumpang Kereta Masih Tinggi

Kompas.com - 11/05/2022, 15:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai dengan H+8 Lebaran masih terlihat arus balik di sektor kereta api. Hal ini terlihat dari volume kedatangan penumpang dari daerah ke stasiun KAI Daop 1 Jakarta.

KAI Daop 1 Jakarta meliputi Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini terdapat sekitar 36.200 penumpang yang akan turun di stasiun Daop 1 Jakarta.

Baca juga: Berangkat Hari Ini hingga 12 Mei, Kuota Balik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut Masih Tersedia

Jumlah penumpang arus balik hari ini tidak jauh berbeda dengan Jumat (6/5/2022) yang menjadi puncak arus balik, di mana terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang.

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini masih cukup tinggi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Dari jumlah tersebut sebanyak 11.700 penumpang turun di Stasiun Gambir, 16.100 orang turun di Pasar Senen, 3.500 orang turun di Jatinegara, 3.100 orang turun di Bekasi.

Kemudian sisanya merupakan penumpang yang turun di stasiun lain seperti Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Adapun volume arus balik tertinggi terjadi pada 5-9 Mei 2022 di mana pada kurun waktu tersebut rata-rata per hari terdapat sekitar 40.000 penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta.

Diperkirakan arus balik ini masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Mengingat pemerintah memperpanjang liburan sekolah selama tiga hari di Jabodetabek hingga Kamis (12/5/2022) untuk mengurai kepadatan arus balik.

Dia mengatakan, KAI Daop 1 Jakarta akan memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

"Penumpang datang juga diimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta, pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan tak bagasi tidak tertinggal," ucapnya.

Bagi calon penumpang yang ingin memesan tiket kereta api untuk arus balik, dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Baca juga: AP I Layani 194,519 Penumpang Saat Puncak Arus Mudik, Terbanyak dari Bandara Juanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com