Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adira Finance Mulai Salurkan Pembiayaan untuk Kendaraan Listrik

Kompas.com - 30/07/2022, 09:41 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) mulai melakukan pembiayaan untuk kendaraan listrik guna memperlebar jangkauan bisnisnya.

Presiden Direktur Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan, perusahaannya akan mengakomodasi peluang bisnis untuk pembiayaan kendaraan listrik.

"Sekarang masih tahap awal, masih coba-coba, kalaupun ada jumlahnya masih kecil. Namun, Adira Finance sudah melakukan (pembiayaan) untuk mengetahui behaviour dari kendaraan listrik ini, tapi relatif kecil hanya beberapa buah saja," kata dia dalam konferensi pers paparan kinerja Adira Finance Semester I-2022, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Ini Daftar Kendaraan Roda Empat yang Tidak Boleh Isi Pertalite

Ia menambahkan, untuk membuat bisnis kendaraan listrik ini berkembang, masih banyak infrastruktur yang perlu dibangun. Tidak hanya urusan pengisian baterei, tetapi pengolahan limbah batrei juga perlu diolah. Pasalnya, limbah batrei termasuk bahan yang berbahaya.

"Banyak hal yang harus dipersiapkan, tetapi saya percaya perubahan akan terjadi," imbuh dia.

Made menjelaskan, perubahan penjualan kendaraan listrik terhadap portofolio pembiayaan Adira Finance tidak akan langsung meningkat tajam. Namun, begitu ia percaya jumlahnya akan tumbuh perlahan.

Berdasarkan data yang ia miliki, penjualan kendaraan listrik di Thailand telah mencapai 10 persen. Sedangkan, penjualan kendaraan listrik di Jerman mencapai sekitar 30 persen.

"Artinya cepat atau lambat, Indonesia juga akan mengalami perubahan ini," tutur dia.

Direktur Portofolio Adira Finance Harry Latif mengatakan, perusahaan telah membiayai semua jenis mobil listrik di Indonesia. Sedangkan, untuk sepeda motor Adira Finance telah menjalin kerja sama dengan 6 brand sepeda motor listrik untuk didanai.

"Ada perbedaan, kalau untuk mobil itu sudah mulai banyak ke retail, tapi segmennya masih agak ke atas. Sedangkan sepeda motor belum digunakan di segmen ritel, masih digunakan ke arah korporat misalnya pada Grab dan Gojek. Intinya, motor listrik sebenarnya menjanjikan tetapi butuh waktu," terang dia.

Sebagai informasi, Adira Finance telah melakukan pembiayaan untuk beberapa motor listrik misalnya Gesit, Viar, United Motor, Volta, NIU, dan Selis Eagle Prix.

Sementara untuk mobil listrik, Adira Finance optimistis penjualannya akan lebih ramai di semester II-2022.

Baca juga: Kata Moeldoko soal Tantangan Pengembangan Kendaraan Listrik di RI: Ibarat Ayam dan Telur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com