Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Gresik Salurkan Beasiswa Rp 300 Juta untuk 331 Anak

Kompas.com - 19/08/2022, 21:30 WIB
Hamzah Arfah,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - PT Petrokimia Gresik menyalurkan bantuan beasiswa senilai Rp 300 juta untuk 331 anak asuh dan berprestasi di sekitar perusahaan. Bantuan beasiswa yang disalurkan, sekaligus sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat.

Bantuan beasiswa tersebut diserahkan oleh Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik Budi Wahju Soesilo, kepada para pelajar yang menerima. Dengan agenda penyerahan bantuan beasiswa ini dilaksanakan di Wisma Kebomas Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Jumat (19/8/2022).

Soesilo mengatakan, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN memiliki tanggung jawab, untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Oleh karena itu, perusahaan memiliki tanggung jawab sosial salah satunya dengan penyerahan beasiswa kali ini.

"Generasi handal harus dipersiapkan sejak dini, mulai dari bangku sekolah, serta dibutuhkan peran serta banyak pihak. Untuk itu, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN Pupuk Indonesia, turut aktif memberikan kontribusinya di bidang pendidikan, salah satunya melalui beasiswa ini,” ujar Soesilo, saat memberikan sambutan acara penyerahan beasiswa, Jumat.

Baca juga: 6 Bandara AP I Layani Kepulangan 46.579 Jemaah Haji

Paket beasiswa yang diberikan, sebanyak 80 untuk anak asuh Perkumpulan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKA PG), 129 pelajar SD/MI kurang mampu di sekitar perusahaan, 47 siswa SD/MI, 29 siswa SMP/MTs, serta 45 siswa SMA/SMK berprestasi dengan nilai rapor tertinggi.

Sementara pendistribusian beasiswa yang diserahkan dalam kesempatan kali ini, Petrokimia Gresik menggandeng PIKA PG dan Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) Petrokimia Gresik.

“Kami berharap, bantuan ini dapat memotivasi seluruh penerima beasiswa, untuk lebih bersemangat dalam belajar demi mengejar cita-cita, untuk meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik di masa depan,” ucap Soesilo.

Selain beasiswa yang diberikan dalam kesempatan kali ini, Petrokimia Gresik telah banyak berkontribusi dalam dunia pendidikan melalui program beasiswa lainnya. Seperti program Beasiswa Petro (Bestro) S1, Bestro SMA, Beasiswa Petani Muda Indonesia, berbagai pelatihan untuk karang taruna dan pemuda serta kegiatan lain.

Baca juga: Jadwalkan Bertemu Elon Musk Lagi, Luhut Bakal Tanya Kepastian Investasi Tesla

Agenda tanggung jawab sosial melalui penyaluran beasiswa, dikatakan Soesilo selaras dengan arahan Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir. Di mana TJSL BUMN harus fokus pada tiga bidang yakni, pendidikan, upaya pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta lingkungan.

Salah seorang penerima beasiswa dalam kesempatan kali ini, Nurriza Qurrotul Aini yang merupakan siswi di SMA Negeri 1 Gresik, mengapresiasi perhatian dan kepedulian Petrokimia Gresik kepada dunia pendidikan. Menurut Nurriza, bantuan beasiswa yang didapat menjadi motivasi yang besar bagi setiap penerima untuk meningkatkan prestasi.

“Tidak banyak teman yang mendapat beasiswa seperti saya. Karena itu, saya bersama teman-teman penerima lain, merasa beasiswa ini sangat bermanfaat dan menjadi penyemangat kami untuk meraih cita-cita," tutur Nurriza.

 Baca juga: Kendaraan Listrik Kian Diminati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com