Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Fintech Genjot Penyaluran Pembiayaan untuk UMKM di Yogyakarta

Kompas.com - 31/10/2022, 16:27 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengatakan, saat ini penyaluran pendanaan oleh fintech pendanaan berizin OJK di Yogyakarta secara agregat telah mencapai Rp 5 Triliun.

Ketua Bidang Edukasi, Literasi dan Riset AFPI Entjik S. Djafar menjabarkan, pendanaan tersebut berasal dari 16.857 lender dan disalurkan kepada 917.799 borrower .

"Adapun outstanding penyaluran dana di Yogyakarta saat ini mencapai Rp 614 miliar dan diprediksi akan terus bertumbuh," kata dia dalam siaran pers, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Dorong Iklusi Keuangan, AFPI Gelar Fintech Lending Days di Yogyakarta

Ia menyebut, fintech pendanaan bersama dapat berperan untuk meningkatkan inklusi dan akses keuangan untuk UMKM.

Pasalnya menurut dia, Kesenjangan pembiayaan atau credit gap di Indonesia memang masih sangat besar, mencapai Rp 1.650 triliun.

Credit gap ini juga terjadi khususnya di kalangan UMKM, di mana sebanyak 46,6 juta UMKM masih kesulitan untuk mendapatkan pendanaan dari lembaga jasa keuangan lainnya.

Entjik mengungkapkan, hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi fintech pendanaan bersama karena kebutuhan pembiayaan tersebut tidak hanya terpusat di satu daerah tetapi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Yogyakarta.

Baca juga: BI Sebut 2 Ancaman Ini yang Membuat Dunia Tidak Baik-baik Saja

"Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara lembaga jasa keuangan yang ada di Indonesia agar cita-cita bersama untuk memeratakan inklusi keuangan bisa segera direalisasikan," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta menyebutkan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang kerap menjadi penyelamat di kala krisis melanda.

Oleh karena itu, OJK memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kemajuan UMKM.

Salah satunya adalah lewat edukasi dan upaya mempermudah inklusi keuangan di kalangan UMKM seperti yang dilakukan melalui acara Fintech Lending Days bersama AFPI.

Baca juga: Mentan: Jika Ada yang Bilang Stok Beras Menipis, Suruh Datang ke Kementan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com