Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukar Sampah Bisa Dapat Poin dan Belanja Gratis di Blibli, Ini Caranya

Kompas.com - 23/02/2023, 15:35 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Blibli memberi insentif untuk setiap kemasan bekas yang dikembalikan pelanggan dengan ganjaran 10 reward points.

Sementara untuk setiap 10 kemasan yang dikembalikan, tiap pelanggan telah turut mendonasikan 1 bibit pohon.

COO & Co-Founder Blibli Lisa Widodo mengatakan, upaya ini merupakan komitmen perusahaan untuk mewujudkan ekosistem e-commerce hijau yang konsisten menghadirkan inovasi dan solusi atas upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan, termasuk daur ulang sampah operasional dan kardus belanja online.

"Konsisten dalam menjalankan komitmen hijau melalui program Blibli Cinta Bumi, kami mengajak pelanggan, mitra usaha dan karyawan untuk terlibat aktif dalam pengolahan sampah sebagai bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan dalam menerapkan ekonomi sirkular," ujar Lisa Widodo dalam siaran resminya, dikutip pada Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Memitigasi Resesi dengan Ekonomi Hijau, Begini Peran Sektor Perbankan

Lisa mengatakan, Blibli juga memberi kesempatan pelanggan untuk meraih point reward 10 kali lebih banyak untuk pengembalian kemasan bekas setiap aktivitas belanja online.

Menurut dia, hal ini merupakan keuntungan bernilai tambah bagi pelanggan karena point reward tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kembali di ekosistem Blibli Tiket, baik itu belanja aneka kebutuhan di Blibli, pesan berbagai jenis tiket dan kamar hotel di tiket.com, atau belanja groceries berkualitas premium di Ranch Market lewat aplikasi Blibli.

Adapun cara untuk mendapatkan rewardnya pelanggan bisa memasukan sampah kardus dan plastik bekas yang dilipay ke kotak Blibli Cinta Bumi yang ada di kantor Blibli dan didata yang kemudian point rewards akan otomatis masuk.

Baca juga: Genjot Bisnis, Blibli Kini Punya 7 Gerai Offline

 


Lisa menambahkan, Blibli terus aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sejak tahun 2020, yang dimulai dengan peluncuran program Blibli Cinta Bumi untuk mendorong konsumen menerapkan gaya hidup yang lebih sadar lingkungan. 

Yakni, melalui layanan pengumpulan sampah (waste collection services), diikuti upaya internal untuk mengelola sampah yang terkumpul menjadi filler packaging, serta konversi jumlah sampah yang dikumpulkan dari pelanggan untuk program penghijauan di berbagai lokasi di Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com