Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Nobu Bank 2022 Naik 61,8 Persen

Kompas.com - 16/03/2023, 13:31 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Nationalnobu Tbk atau Nobu Bank mencetak laba bersih sebesar Rp 103,8 miliar pada 2022. Realisasi ini tumbuh 61,8 persen dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba bersih itu selaras dengan pendapatan bunga bersih perseroan yang naik signifikan. Tercatat sepanjang tahun lalu pendapatan bunga bersih bank dengan kode saham NOBU itu tumbuh 25,4 persen secara tahunan menjadi Rp 659,10 miliar.

Selain itu, pendapatan operasional Nobu Bank juga tumbuh sebesar 10,6 persen secara tahunan. Sepanjang tahun lalu, pendapatan operasional Nobu Bank mencapai Rp 72,18 miliar.

Baca juga: ARKO Cetak Laba Bersih Rp 52,72 Miliar pada 2022

"Kinerja Perseroan di tahun 2022 ini tentunya menjadi pijakan yang kokoh bagi milestone Perseroan dalam jangka panjang," tulis manajemen Nobu Bank, dalam keterangan resmi, Rabu (15/3/2023).

Adapun penyaluran kredit perseroan turut tumbuh pesat. Kredit Nobu Bank tercatat mencapai Rp 12,4 triliun hingga akhir 2022, tumbuh 25 persen secara tahunan.

Penyaluran kredit mikro menjadi kunci pertumbuhan kredit Nobu Bank. Sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), Nobu Bank mencatat pertumbuhan KUR yang signifikan hingga mencapai hampir Rp 474 miliar.

Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan kredit konsumer sebesar 35 persen menjadi Rp 6,4 triliun di tahun 2022. Segmen ini turut menopang pertumbuhan penyaluran kredit secara bankwide.

Dari sisi permodalan, Nobu Bank telah merampungkan aksi rights issue kedua, dan telah memulai tahapan proses rights issue ketiga. Lewat aksi korporasi itu, Nobu Bank berencana memperkuat permodalan untuk penyaluran kredit perseroan.

Baca juga: OJK Ungkap Bank MNC dan Bank Nobu Sedang dalam Proses Merger

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com