Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Turun Lebih dari 1 Persen, Ini Sebabnya

Kompas.com - 28/03/2023, 10:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas dunia turun lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Senin (27/3/2023) waktu setempat atau Selasa pagi WIB. Pelemahan terjadi karena meredanya kekhawatiran terhadap krisis di sektor perbankan.

Meredanya kekhawatiran pasar tersebut mendorong investor mengurangi minatnya terhadap aset safe haven seperti emas yang tidak memberikan imbal hasil, ketimbang aset berisiko seperti ekuitas dan minyak mentah yang memiliki imbal hasil.

Mengutip CNBC, harga emas di pasar spot turun 1,02 persen menjadi di level 1.957,12 dollar AS per ons. Sementara harga emas berjangka Comex New York Exchange turun 1,5 persen ke level 1.953,80 dollar AS per ons.

Baca juga: Cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Pasar menjadi lebih tenang setelah First Citizens BancShares Inc menyatakan bakal membeli simpanan dan pinjaman Silicon Valley Bank (SVB). Kondisi ini meredakan krisis kepercayaan yang telah mengoyak pasar keuangan sejak SVB dinyatakan kolaps dua minggu lalu.

Meredanya kekhawatiran terhadap krisis perbankan juga didukung adanya harapan bank akan mendapatkan dukungan pendanaan yang ekstra, setelah otoritas AS dilaporkan sedang dalam pertimbangan awal untuk memperluas fasilitas pinjaman darurat.

Harapan pemulihan sektor perbankan itu menekan potensi terjadinya krisis keuangan baru yang dikhawatirkan investor. Kini investor pun mulai beralih ke beberapa aset berisiko, seperti saham.

Indeks utama bursa saham AS, Wall Street pun menguat, membuat emas semakin jauh dari level 2.000 dollar AS per ons yang sempat ditembus pada perdagangan pekan lalu. Harga emas pun diperkirakan masih akan terus berada di bawah tekanan.

"Sebagian besar reli di pasar emas benar-benar short-covering," kata Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures di Chicago, Phillip Streible,

Baca juga: Kekhawatiran Krisis Perbankan Dorong Kenaikan Harga Emas Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com