Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Cuan "Trading" Saham, Bisa untuk THR Lebaran

Kompas.com - 03/04/2023, 08:09 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Idul Fitri sudah di depan mata, tapi ada saja beragam kebutuhan yang harus dipenuhi. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan pendapatan untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut?

Trading saham bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan aset kamu, ternasuk untuk menambah THR Lebaran. Apalagi, saat ini pasar modal di Indonesia memiliki kecenderungan pergerakan saham yang positif.

“Ramadhan bisa menjadi momen tepat untuk mengembangkan aset yang kita miliki. Salah satu langkah konkret yang bisa dilakukan saat Ramadan adalah #CariBebasmu dengan trading saham,” kata Head of Marketing & Retail PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Jonathan Tenggara dalam siaran persnya kepada Kompas.com Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Asing Catat Net Buy Rp 2,6 Triliun Sepekan, Saham-saham Ini Paling Diburu

Trading saham merupakan aktivitas pembelian dan penjualan saham dalam waktu singkat dengan tujuan mendapatkan keuntungan maksimal. Nah, karena sifat trading saham ini high return high risk maka wajib dicamkan bahwa trading saham di momen Ramadhan wajib dilakukan dengan bijak.

Untuk lebih rincinya, simak 5 tips bijak agar trading saham di saat Ramadhan benar-benar menghasilkan cuan:

1. Gunakan uang dingin

Untuk diingat, trading saham memiliki potensi kerugian. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan uang dingin. Uang dingin atau uang nganggur dapat digunakan untuk trading saham.

“Uang dingin atau uang nganggur adalah uang yang tidak akan dipergunakan dalam waktu dekat atau uang untuk kebutuhan sehari-hari. Jika loss maka tidak akan mengganggu kesehatan keuangan kamu,” kata Jonathan.

2. Kendalikan emosi

Trading saham membutuhkan pengendalian emosi tingkat tinggi. Oleh sebab itu, penting sebagai trader itu mengedepankan emosi agar tetap stabil. Di sisi lain, rasionalitas juga penting dalam memilah saham mana yang akan dibeli tanpa pengaruh dari orang lain.

“Jangan pula, pilihan sahamnya hanya karena terpengaruh karena perbincangan di group-group WA atau karena rekomendasi-rekomendasi orang lain yang tidak jelas analisisnya,” lanjut dia.

3. Punya trading plan yang jelas

Pastikan kamu memiliki trading plan yang jelas terkait persentase gain yang diinginkan secara realistis dan jangka waktu pencapaiannya. Hal ini penting untuk menoleransi seberapa besar kerugian yang mampu kamu terima.

Nah, karena ada kecenderungan setelah Lebaran akan ada koreksi untuk saham-saham yang naik di momen Ramadhan, ada baiknya pilihan sahamnya benar-benar yang memberikan cuan.

4. Pilih sektor saham pilihan

Berhubung momen Ramadhan ini tinggal beberapa minggu maka ada baiknya kamu memilih saham-saham yang berpotensi memberikan cuan. Berdasarkan data Bloomberg, saham-saham yang secara tren positif di saat Ramadhan dan jelang Idul Fitri adalah saham-saham sektor consumer goods, transportasi, dan retail.

5. Pilih sekuritas aman dan terpercaya

Pastikan memilih sekuritas yang aman dan terpercaya agar kamu benar-benar bisa profit taking sebelum Idul Fitri. Sekuritas yang demikian ini menyediakan aplikasi trading yang tidak rentan serangan siber.

Kamu juga bisa memilih aplikasi trading dengan fitur-fitur terkini yang bisa memaksimalkan cuan. Salah satu fitur trading saham kekinian berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang sedang tren yakni AI Trending.

Baca juga: Harga Saham Naik dan Turun, Apa Penyebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com