Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Pasar Rawamangun, Mendag Minta Pedagang Jangan Ambil Untung Berlebihan

Kompas.com - 03/04/2023, 16:03 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan, menjelang Lebaran harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, terpantau stabil dan pasokan cukup.

Namun demikian, Mendag Zulkifli Hasan mengimbau para pedagang untuk mengikuti harga patokan dan tidak mengambil untung secara berlebihan serta tidak melakukan penimbunan stok.

"Harga bapok di Pasar Rawamangun stabil dan stoknya banyak. Mudah-mudahahan sampai Lebaran seperti ini," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (3/4/2023).

Baca juga: Mendag: Pedagang Baju Bekas Impor Boleh Jualan sampai Habis

Mendag Zulkifli Hasan mengingatkan para padagang untuk mengikuti harga patokan yang telah ditentukan. Satuan Tugas (Satgas) Pangan akan terus mengawasi dan akan menindak pedagang yang menimbun dan menaikan harga bapok secara berlebihan.

"Pedagang harus mengikuti harga patokan yang ditetapkan dari Bapanas dan Bulog. Saya juga mengingatkan kepada para pedagang, jangan mengambil untung berlebihan dengan menaikan harga seenaknya dan menimbun stok," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, kenaikan harga bapok sebesar 5 persen masih dalam taraf wajar karena adanya kenaikan permintaan.

Baca juga: Musnahkan Pakaian Bekas Senilai Rp 80 Miliar, Mendag: Hulunya Kita Berantas


Berdasarkan pantauan, harga beras medium tercatat Rp 10.500 per kg, beras premium Rp 13.000 per kg, gula pasir Rp14.000 per kg, tepung terigu Rp 14.000 per kg, minyak goreng kemasan premium Rp 20.000 per liter, minyak goreng Minyakita Rp14.000 per liter, daging ayam ras Rp 35.000 per kg, telur ayam ras Rp 30.000 per kg, daging sapi Rp 140.000 per kg.

Kemudian untuk cabai merah keriting Rp 45.000 per kg, cabai merah besar Rp 55.000 per kg, cabai rawit merah Rp 60.000 per kg, bawang merah Rp 45.000 per kg, dan bawang putih Rp 40.000 per kg.

Baca juga: Pemerintah Bakal Impor Beras 2 Juta Ton, Mendag: Dukung dan Laksanakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com