Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik 2023, Ini Skenario Jasa Marga Antisipasi Kepadatan di Tol Layang MBZ:

Kompas.com - 04/04/2023, 11:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan di jalan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) selama masa mudik dan balik Lebaran 2023.

Pasalnya, jalan layang sepanjang 38 kilometer ini tidak memiliki akses keluar, SPBU, dan rest area sehingga sangat riskan apabila terjadi kemacetan di jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Bapak Yoga Tri Anggoro mengatakan, Jasa Marga akan memberlakukan buka tutup di jalan tol MBZ jika dibutuhkan.

Baca juga: Ini Progres Terbaru Jalan Tol Puncak yang Telan Biaya Rp 24,37 Triliun

Sistem buka tutup ini akan diberlakukan apabila terjadi kemacetan sepanjang 2-3 kilometer di KM 48 atau titik di mana jalan tol MBZ tersambung dengan jalan tol Jakarta-Cikampek.

Ketika jalan tol MBZ ditutup, maka pengguna jalan akan dialihkan ke Tol Jakarta-Cikampek yang berada di bawah jalan tol MBZ.

"Apabila terjadi kepadatan di KM 48 sampai dengan 2-3 Km di sana, itu otomatis 3 akses masuk di Cikunir ke ruas MBZ akan kita tutup karena akan kita alihkan ke bawah," ujarnya saat konferensi pers di JMTC, Bekasi, Senin (3/4/2023).

Selain kemacetan, pihaknya juga akan langsung menutup akses masuk jalan tol MBZ apabila terjadi kecelakaan atau kejadian lainnya yang dapat menyebabkan kepadatan di jalan layang itu.

Untuk melakukan rekayasa lalu lintas tersebut, Jasa Marga menyerahkannya kepada diskresi kepolisian untuk disesuaikan dengan kondisi langsung di lapangan.

"Ketika itu terjadi kepadatan di sini itu otomatis akan kita tutup. Kami tidak mau dalam hal ini pengguna jalan terjadi kepadatan di atas karena akses-akses keluar, fasilitas seperti dia mau ke rest area, dan sebagainya ini sepanjang 38 Km tidak ada di MBZ," jelasnya.

Dia mengimbau agar masyarakat menyiapkan kebutuhannya seperti bahan bakar minyak (BBM) yang cukup serta menyiapkan makanan dan minuman ketika akan melalui jalan tol MBZ.

"Ketika melalui MBZ tolong disiapkan segala sesuatunya karena ini 38 Km tidak ada akses keluar," tuturnya.

Baca juga: Daftar 12 Jalan Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com