Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Rp 195 Triliun, BI Buka 5.046 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran 2023

Kompas.com - 10/04/2023, 06:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai pecahan besar dan kecil dengan total Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat jelang Lebaran 2023. Ada lebih dari 5.000 titik penukaran uang yang tersedia di seluruh Indonesia.

"Tahun ini kami perbanyak 5.046 titik seluruh Indonesia, itu meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim saat ditemui di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/4/2023).

Sejalan dengan titik penukaran uang yang meningkat, BI juga menambah plafon kuota dari sebelumnya 300 orang setiap kali penukaran menjadi 500 orang.

Menurutnya, penyediaan layanan penukaran uang tahun ini meningkat karena perekonomian sudah menunjukkan pemulihan. Peredaran uang pun diprediksi meningkat pada momen Lebaran tahun ini.

Baca juga: BI Sebut Puncak Peredaran Uang Terjadi saat Ramadhan dan Lebaran 2023

"Ekonomi sudah membaik, pemudik juga akan banyak sekali, oleh karena itu tahun ini kami perluas (layanan penukaran uang)," katanya.

Marlison bilang, untuk khusus daerah Jakarta saja, ada 466 titik penukaran uang berupa kas keliling yang melibatkan pula 16 bank.

Salah satunya yang disediakan di kawasan Gelora Bung Karno selama dua hari terakhir yakni 8-9 April 2023. Ada 5 mobil kas keliling yang disediakan di GBK dengan nilai transaksi penukaran uang mencapai Rp 9,5 miliar per harinya.

"Khusus hari libur ini, kami buka di GBK untuk sekitar 5.000 penukar yang mendaftar (secara online), tetapi kami juga buka untuk go show. Rata-rata setiap hari Rp 9,5 miliar dan itu rata-rata habis," ungkap Marlison.

Baca juga: BI Catat Realisasi Penukaran Uang Baru Ramadhan Rp 42,6 Triliun, 20 Persen dari Target

Menurutnya, BI akan terus menyediakan layanan penukaran uang bekerja sama dengan perbankan di Indonesia hingga jelang Lebaran yang jatuh pada 22 April 2023.

Penyediaan layanan penukaran bahkan akan dilakukan di sejumlah rest area mulai pekan depan. Seperti pada Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Cirebon, hingga Jawa Timur.

Kemudian untuk yang mudik ke arah Sumatera juga akan disediakan layanan penukaran uang seperti di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, serta rest area di Jalan tol Lampung hingga Palembang.

Oleh sebab itu, masyarakat tak perlu kesulitan mencari lokasi penukaran uang pecahan kecil, karena BI banyak terjun ke titik-titik publik.

"Jadi mendekati hari H (Lebaran), akan semakin meningkat (permintaan penuakaran uang) kare THR sudah dibayar, maka kami akan perbanyak lagi (titik layanan penukaran)," pungkas dia.

Baca juga: Cek Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru untuk THR Lebaran 2023

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com