Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Diminta Beri Diskon Tarif Tol, Hutama Karya: Masih Dibicarakan...

Kompas.com - 11/04/2023, 13:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) buka suara soal imbauan Kementerian Perhubungan untuk memberikan diskon tarif tol saat periode mudik Lebaran 2023.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahja Purnomo mengatakan, saat ini pihaknya belum memutuskan pemberian diskon tarif tol.

Hutama Karya sendiri mengelola jalan tol yang akan dilalui saat arus mudik, yakni Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

"Untuk Hutama Karya sementara belum, masih dibicarakan, tetapi sampai saat ini belum ada diskon tarif," ujarnya di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca juga: 6 Cara Cek Tarif Tol secara Online dengan Mudah

Ia menuturkan, dalam memutuskan pemberian diskon tarif tol di periode mudik perlu banyak pertimbangan. Pihaknya hingga saat ini pun belum memutuskan untuk memberikan diskon tarif tol.

"Karena ada hal-hal yang perlu disampaikan. Sampai saat ini masih dalam taraf pembicaraan, dan saya rasa sampai dengan saat sekarang belum. Mungkin juga dalam rangka ini masih belum juga (ada diskon)," kata dia.

Adapun Hutama Karya mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 597 kilometer dan memastikan kesiapannya untuk dilalui pemudik selama periode Lebaran.

Total ada 9 ruas tol yang akan beroperasi, terdiri dari Sigli-Banda Aceh seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 35,8 kilometer, Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,8 kilometer, Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 kilometer, dan Binjai-Langsa seksi 1 sepanjang 11,8 kilometer.

Lalu ada ruas tol Medan-Binjai sepanjang 17,3 kilometer, Pekanbaru-Dumai sepanjang 130,4 kilometer, Palembang-Indralaya sepanjang 21,9 kilometer, Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,4 kilometer, serta Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,4 kilometer.

Selain itu, ada juga tiga ruas tol yang juga dioperasikan secara fungsional selama periode mudik Lebaran. Tiga ruas tol tersebut beroperasi terbatas yakni dari pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Terdiri dari ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 5 dan 6 (Blang Bintang -Baitussalam) sepanjang 13 kilometer dengan 1 gerbang tol (GT), Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 kilometer dengan 1 GT, dan Binjai-Pangkalan Brandan seksi 2 (Stabat-Proklamasi) sepanjang 7,9 kilometer dengan 1 GT.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol dengan Google Maps

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com