Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Pasar di Lampung, Mendag Zulhas: Harga Stabil Cenderung Turun, Masyarakat Tenang Hadapi Lebaran

Kompas.com - 13/04/2023, 13:31 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) menyatakan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) menjelang Lebaran semakin stabil dan cenderung turun, khususnya di Kota Metro, Lampung.

Hal itu dia sampaikan usai meninjau Pasar Cendrawasih di Kota Metro, Lampung pada Kamis (13/4/2023).

Oleh sebab itu dia menyebutkan, masyarakat dapat menghadapi Lebaran dengan tenang karena harga bapok terjangkau dan pasokannya banyak.

“Masyarakat diharap belanja bapok secukupnya, tidak perlu khawatir karena pasokannya banyak,” ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam siaran resminya, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Tinjau Pasar Murah, Mendag Zulhas Traktir Warga Belanja Bawang hingga Tepung

Mendag Zulkifli Hasan pun mengapresiasi upaya pemerintah daerah yang telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok di momen Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Ia juga berharap, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok dapat terus dipertahankan.

“Terima kasih Wali Kota Metro yang berhasil membuat harga bapok semakin turun menjelang Lebaran. Begitu juga kepada daerah lain, stok bapok banyak. Baru pertama kali menjelang lebaran, harga bapok mengalami deflasi,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut dia memaparkan, berdasarkan pantauannya di pasar Lampung, ada beberapa komoditas turun harga dibanding seminggu sebelumnya.

Komoditas tersebut di antaranya telur ayam ras yang tercatat yang menjadi Rp 28.000/kg, bawang putih kating Rp 32.000/kg, cabai merah besar Rp 25.000/kg, dan cabai rawit merah Rp 25.000/kg.

Sementara itu, harga komoditas lainnya yang tercatat stabil antara lain beras medium Rp 11.500/kg, beras Bulog Rp 9.450/kg, beras premium Rp 13.000/kg, gula pasir Rp 13.500/kg, tepung terigu Rp 13.000/kg, minyak goreng premium Rp 21.000/liter.

Kemudian ada juga Minyakita yang dibanderol Rp 14.000/liter, minyak goreng curah Rp 13.950/liter, daging sapi Rp 130.000/kg, daging ayam ras Rp 32.000/kg, bawang merah Rp 30.000/kg dan cabai merah keriting Rp 30.000/kg.

Baca juga: Mendag Zulhas Klaim Harga Cabai hingga Daging Ayam Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com