Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet di Puncak Arus Mudik, Menhub Anjurkan Mudik Mulai Hari Ini

Kompas.com - 13/04/2023, 12:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyakarat untuk memulai perjalanan mudik lebih awal. Hal ini agar dapat terhindar dari kepadatan di puncak arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi akan terjadi 18-21 April 2023.

Budi menyarankan masyarakat dapat memulai perjalanan mudik Lebaran 2023 mulai hari ini, Kamis (13/4/2023).

"Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silahkan mudik lebih awal mulai hari ini 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/4/2023).

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan di puncak arus mudik dan balik Lebaran 2023 agar tidak terjadi puncak arus lalu lintas yang terlalu tinggi yang tidak bisa dikendalikan.

Baca juga: Bos AP I: Permintaan Penumpang Meningkat, tapi Jumlah Pesawat Terbatas saat Mudik Lebaran 2023

"Kami berharap dengan upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan, perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) Ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar," ucapnya.

Upaya Pemerintah agar Masyarakat Libur Lebih Awal

1. Memajukan Libur Cuti Bersama

Adapun sejumlah upaya antisipasi yang telah dilakukan di antaranya memajukan libur cuti bersama menjadi 19-25 April 2023.

Dengan begitu, terdapat tambahan hari yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal atau tidak mepet dengan hari H Lebaran.

"Jadi tekanan di hari puncak arus mudik bisa didorong ke depan atau di hari-hari sebelum hari puncak," kata Budi.

2. Pemberian Diskon Tiket Berbagai Transportasi

Baca juga: Lengkap, Jadwal dan Ruas Tol yang Diskon Tarif 20 Persen Khusus Mudik

Pemerintah juga mendorong agar berbagai operator transportasi umum memberikan diskon tiket untuk keberangkatan sebelum arus puncak mudik pada 19 April 2023.

Alhasil saat ini sejumlah operator transportasi dan jalan telah memberikan tarif diskon atau promo untuk mendorong masyarakat mudik lebih awal, di antaranya yaitu operator jalan tol seperti Jasa Marga dan Hutama Karya.

Hutama Karya memberikan potongan 20 persen untuk Tol Trans Sumatera pada 16-18 april dan arus balik pada 26-28 April 2023. Sementara, Jasa Marga memberi potongan 20 persen pada tarif Tol Jakarta Cikampek pada periode 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Selain itu, operator kereta api KAI juga memberikan tarif diskon kereta untuk tanggal 14-17 April 2023.

Kemudian maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, Transnusa, Super Jet, dan Lion Air juga menetapkan potongan harga pada tiket periode 13-17 April 2023.

Meski pemerintah mendorong masyarakat mudik lebih awal agar tidak terjadi penumpukkan saat puncak arus mudik Lebaran 2023, pemerintah juga berupaya mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di hari puncak arus mudik.

Pemerintah telah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas seperti contraflow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, hingga manajemen rest area.

"Rekayasa lalu lintas tersebut akan dimulai pada 18 April 2023 mulai dari jalur tol Cikampek Km 72 sampai Gerabng Tol Kalikangkung Km 414," tuturnya.

Baca juga: Catat, Jadwal Contraflow Mudik dan Balik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com