Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Lokasi Posko Mudik dan Arus Balik BPJS Kesehatan

Kompas.com - 18/04/2023, 14:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik pelayanan kesehatan di lima titik dan satu titik di kawasan arus balik.

Adapun letak posko tersebut berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek kilometer 57, Rest Area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Sedangkan posko arus balik berada di Rest Area 319B Pemalang.

"Kami menggandeng ahli pijat tuna netra yang dihadirkan untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Mudik ke Palembang, Simak Rincian Tarif Tol Trans Sumatera Terbaru

Posko Mudik akan melayani masyarakat mulai hari ini hingga 21 April. Sedangkan pelayanan posko arus balik pada 25-27 April.

Kata Ghufron, di posko mudik tersebut, BPJS Kesehatan menggandeng penyandang disabilitas tuna netra untuk membantu memberikan layanan kepada pemudik yang berkunjung.

Di Posko Mudik BPJS Kesehatan, para pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan seperti konsultasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan jika diperlukan.

Baca juga: Mudik Lebaran, Kemenkes Siapkan Ambulans Motor hingga Posko Kesehatan


Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit jika harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya" ucapnya.

Ghufron bilang, Posko Mudik BPJS Kesehatan ini akan beroperasi selama 24 jam. Terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian.

"Masing-masing tim terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans," kata dia.

Baca juga: Siap-siap Mudik, Simak Rincian Tarif Tol Trans Jawa Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com