Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Sudah Salurkan KUR Rp 3,6 Triliun di Kuartal I-2023

Kompas.com - 25/04/2023, 13:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 3,6 triliun pada kuartal I-2023.

Dengan demikian, akumulasi total penyaluran KUR BNI mencapai Rp 50,1 triliun atau tumbuh 7,8 persen year on year (yoy).

Adapun KUR merupakan program pembiayaan atau kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah yang menyasar usaha mikro, kecil, dan menangah (UMKM).

Baca juga: Sederet Fasilitas Posko Mudik BNI, Mulai dari Pemeriksaan Kesehatan hingga Penukaran Uang

Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, perseroan berupaya mendorong penyaluran program pembiayaan pemerintah ini guna terus memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.

Terlebih, perseroan menilai sektor perdagangan dan pertanian, yang merupakan sektor andalan, masih menunjukkan permintaan cukup baik dan berkualitas pada awal tahun ini.

"Kami optimistis dapat menyalurkan KUR sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan pemerintah melalui berbagai terobosan yang akan kami lakukan di tahun ini," ujar Putrama dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Baca juga: Laba Bersih BNI Tumbuh 31,8 Persen Jadi Rp 5,2 Triliun di Kuartal I-2023


Ia mengungkapkan, tren pemulihan ekonomi pasca covid-19 yang mendorong pertumbuhan pembiayaan serta dukungan pemerintah kepada UMKM, menjadi momentum yang akan dioptimalkan oleh perseroan.

BNI pun memiliki sejumlah strategi untuk meningkatkan penyaluran KUR, antara lain melalui penyaluran value chain nasabah/debitur segmen korporasi, komersial, maupun UKM.

Perseroan juga akan mendorong pembiayaan berbasis ekosistem klastering dan pengembangan digitalisasi proses kredit untuk percepatan proses kredit.

Baca juga: Cara Setor Tunai BNI di ATM dengan Mudah, Bisa Tanpa Kartu

Putrama menambahkan, pihaknya berupaya mendorong UMKM untuk go global, salah satunya melalui program BNI Xpora.

Lewat program ini, BNI mendorong UMKM memperluas pasar ke luar negeri melalui beberapa kegiatan, meliputi business matching, pembinaan/pelatihan, serta mendorong peran kantor cabang luar negeri dengan diaspora.

"Ini semua dilakukan untuk membantu pelaku UMKM tumbuh dan melompat lebih tinggi,” pungkasnya.

Baca juga: Promo BNI Jelang Lebaran, Ada Diskon Tiket Mudik hingga Rp 1 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com