Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Indomie Disebut Mengandung Zat Pemicu Kanker dan Ditarik dari Peredaran di Taiwan, Indofood: Sedang Kami Pelajari

Kompas.com - 26/04/2023, 08:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood Sukses Makmur tbk (Indofood/INDF) merespons temuan pemerintah Taiwan yang menyebutkan ''Indomie rasa Ayam Spesial'' mengandung zat pemicu kanker.

"Sedang kami pelajari dan klarifikasi lebih lanjut," ujar GM corporate relation Indofood Stefanus Indrayana, dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (25/4/2023).

Ia juga menyebutkan jika klarifikasi resmi Indofood akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca juga: Taiwan Sebut Indomie Rasa Ayam Spesial Mengandung Zat Pemicu Kanker, Bos Indofood Buka Suara

Mengandung etilen oksida

Sebelumnya dilansir dari Straits Times, Kementerian Kesehatan Taipei pada hari Senin kemarin (24/4) merilis hasil pemeriksaan mi instan yang tersedia di Taipei pada tahun 2023.

Dalam sebuah pernyataan ditemukan bahwa Mi Kari Putih Ah Lai dari Malaysia dan mi Indomie Rasa Ayam Spesial dari Indonesia mengandung etilen oksida.

Etilen oksida merupakan senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

"Kementerian Kesehatan mengatakan pengujian mengungkapkan bahwa etilen oksida terdeteksi pada mi dan paket bumbu dari produk Malaysia. Sementara pada mi Indonesia hanya ada pada paket bumbu," tulis Kementerian Kesehatan Taiwan tersebut yang dikutip Selasa (25/4/2023).

Baca juga: Lagi, 2 Produk Mie Sedaap Cup Ditarik di Singapura

Ditarik dari peredaran, importir didenda

Imbas temuan tersebut, Indomie Rasa Ayam Spesial dan mi dari Malaysia pun ditarik dari peredaran dan penjualan.

Departemen Kesehatan Taipei dilaporkan telah meminta kepada semua toko di ibu kota untuk menarik produk mi instan asal Indonesia dan Malaysia yang ditemukan mengandung etilen oksida tersebut.

Pihaknya juga akan menjatuhkan denda kepada importir produk mi instan itu sebesar 60.000 dollar Taiwan (sekitar Rp29,2 juta) hingga 200 juta dollar baru Taiwan (sekitar Rp 97,6 miliar).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Respons Indofood soal Temuan Zat Pemicu Kanker pada Indomie Rasa Ayam Spesial di Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com