Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Tim Cook Sebut Tak Pertimbangkan Lakukan PHK Massal

Kompas.com - 05/05/2023, 09:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – CEO Apple Tim Cook memastikan PHK yang dilakukan perusahaan beberapa waktu lalu merupakan pilihan terakhir, dan saat ini pihaknya sedang tidak mempertimbangkan keputusan berat itu.

Dikutip dari CNBC, dalam pemaparan kinerja Apple pada Kamis (4/5/2023) waktu setempat, Cook mengungkapkan bahwa pendapatan yang diperoleh perushaaan sangat kontras dengan rekan-rekan perusahaan big tech lainnya.

PHK sebelumnya telah dilakukan oleh perusahaan big tech, seperti Alphabet, Meta, Microsoft, dan Amazon, di tahun ini dengan memangkas sebanyak ribuan karyawan.

"Saya melihat itu sebagai upaya terakhir dan, PHK massal bukanlah sesuatu yang sedang kita pertimbangkan saat ini," kata Cook.

Baca juga: Krisis Perbankan AS, Morgan Stanley Bakal PHK 3.000 Karyawan

Cook tidak mengesampingkan kemungkinan adanya PHK yang terjadi. Akan tetapi, dia mengatakan bahwa Apple tidak merencanakan apa pun dan langkah seperti itu hanya akan menjadi pilihan terakhir bagi perusahaan.

Adapun untuk memastikan keberlanjutan bisnis, Cook mengatakan bahwa Apple melakukan serangkaian efisiensi seperti pemotongan biaya operasional, hingga memperlambat periode perekrutannya karyawan.

"Kami terus sangat berhati-hati dalam merekrut. Kami terus merekrut, hanya pada tingkat yang lebih rendah dari sebelumnya," kata Cook.

"Kami juga memastikan penggunaan efisiensi sebaik-baiknya, dan kami berupaya menemukan berbagai cara lagi untuk melakukan penghematan," lanjut dia.

Baca juga: Dongkrak Penjualan, Apple Buka Toko Fisik Pertama di India


Selama pandemi Covid-19, Apple cenderung lebih lambat dalam melakukan rekrutmen. Itu juga merupakan salah satu alasan mengapa lebih baik untuk tidak memberhentikan karyawan sekarang sebagai respons terhadap kondisi ekonomi makro.

Dalam laporan kinerja yang dirilis pada Kamis, Apple mencatatkan kinerja positif. Di mana laba bersih Apple pada kuartal I-2023 tercatat 24 miliar dollar AS dengan total pendapatan sebesar 95 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com