Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Rahasia Kesuksesan Netflix Membangun Budaya Kerja

Kompas.com - 05/05/2023, 10:46 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Saat ini, Netflix merupakan perusahaan jaringan televisi terbesar di dunia. Perusahaan berlogo merah ini memiliki fokus pada layanan streaming media digital khususnya film dan program televisi, termasuk beberapa program yang diproduksi oleh Netflix itu sendiri.

Menariknya, Netflix menjadi salah satu perusahaan yang sukses karena menerapkan budaya kerja yang tepat. Hingga saat ini, layanan Netflix telah digunakan lebih dari 190 negara, dengan lebih dari 140 juta pelanggan.

Hal ini pun menjadi pembahasan dalam siniar Obsesif bertajuk “Budaya Kerja Netflix Bikin Karyawan Happy?” dengan tautan akses dik.si/ObsesifS8EP13.

Rahasia Kesuksesan Netflix

Beradaptasi pada perubahan menjadi salah satu faktor kesuksesan Netflix. Awalnya, perusahaan ini hanya melayani penjualan dan penyewaan DVD film.

Seiring perkembangan teknologi, mereka bertransformasi dengan menyediakan layanan streaming termasuk membuat rumah produksi film dan serial televisi.

Baca juga: Pentingkah Punya Asuransi Kendaraan?

Dalam perkembangan, perusahaan menerapkan nilai-nilai utama, yaitu fleksibilitas, kejujuran, dan keterbukaan. Dengan kata lain, Netflix mendorong karyawannya berpikir mandiri dan kreatif dibanding hanya mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan atasan.

Selain itu, Netflix juga mengharapkan karyawannya dapat berjuang untuk melakukan yang terbaik dan bekerja sebagai tim untuk mencapai tujuan. Kebijakan ini berdampak pada meningkatnya produktivitas, kreativitas, dan inisiatif karyawan.

Mengutip laman resmi Netflix, pendiri perusahaan, Reed Hastings dalam bukuny berjudul No Rules Rules: Netflix and The Culture of Reinvention menyatakan, Netflix memberikan keleluasaan kepada karyawan menentukan keputusan sendiri dengan menerapkan sedikit peraturan.

Hastings mendorong karyawan mengekspresikan diri dengan niat positif. Tujuannya agar karyawan memiliki komitmen dan tanggung jawab.

Dampak kebijakan tersebut juga memberikan tingkat kepuasan dan kesejahteraan karyawan, sehingga meningkatkan kepercayaan serta rasa hormat karyawan terhadap perusahaan.

Sebagai perusahaan streaming terbesar di dunia, Netflix memiliki filosofi people over process. Pasalnya, Netflix kerap mengadopsi pendekatan kreatif dalam mempromosikan layanannya sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi revolusioner.

Budaya Kerja Netflix dalam Mengelola Karyawannya

Netflix menerapkan pendekatan yang berbeda terkait talent management. Melansir dari Harvard Business Review, Patty McCord, seseorang yang pernah menjadi Chief Talent Officer Netflix sejak 1998, mengatakan bahwa ada dua prinsip yang dilakukan Netflix dalam mengelola sumber daya manusianya.

Prinsip tersebut adalah mempekerjakan talenta terbaik dan rela melepaskan orang-orang dengan keterampilan yang tidak lagi sesuai. Selain itu, Patty McCord juga membagikan budaya kerja Netflix yang membuat perusahaan tersebut dapat berkembang dengan pesat.

1. Komunikasi Secara Terbuka

Netflix percaya bahwa jika mereka mempekerjakan orang dengan pemikiran dewasa, akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Pemikiran dewasa tersebut termasuk pada sikap komunikasi secara terbuka tentang masalah pekerjaan dengan atasan, kolega, dan bawahan.

Baca juga: Pentingnya Adaptasi dalam Dunia Kerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com