Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya Resmi Angkat Mursyid Jadi Dirut, Gantikan Destiawan Soewardjono

Kompas.com - 25/05/2023, 19:15 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk merombak jajaran direksi dan komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Kamis (25/5/2023).

Emiten berkode saham WSKT ini resmi mengangkat Mursyid sebagai Direktur Utama. Mursyid menggantikan posisi Destiawan Soewardjono yang ditahan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) akibat kasus korupsi.

"Kami yakin dengan penyesuaian ini, akan membawa Waskita bergerak lebih solid, terutama dalam mendukung langkah transformasi perusahaan untuk mencipatakan bisnis yang lebih sehat dan prudent," ujar SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Pencairan PMN Waskita Ditunda, Kemenkeu: Sampai Ada Kejelasan Restrukturisasi

Adapun Mursyid sebelumnya menjabat sebagai Direktur HCM, Pengembangan Sistem dan Legal, yang kini posisinya itu digantikan oleh Ratna Ningrum.

Selain itu, RUPST juga menyetujui pengangkatan Addin Jauharudin sebagai Komisaris Independen, menggantikan Ahmad Erani Yustika.

Dalam rapat tersebut, dilakukan juga penyampaian laporan tahunan perseroan, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan Laporan Keuangan Konsolidasian tahun buku 2022.

Baca juga: Rugi Berlipat Waskita, Diduga Hamburkan Utang Bank untuk Proyek Fiktif

 


Ermy menuturkan, keputusan yang ditetapkan dalam RUPST tersebut, sejalan dengan aspirasi Kementerian BUMN sebagai pemegang saham seri A Dwiwarna bahwa upaya penyehatan kinerja perusahaan harus terus dilanjutkan.

Upaya penyehatan di antaranya dilakukan melalui transformasi bisnis yang di dalamnya termasuk melanjutkan program 8 stream inisiatif strategis, restrukturisasi usaha dan utang, peningkatan implementasi manajemen risiko dan tata kelola perusahaan.

Ia menambahkan, sebagai bentuk pelaksanaan manajemen risiko dan transformasi bisnis, serta untuk menjaga kesinambungan arus kas, Waskita berkomitmen untuk mengurangi jenis proyek turnkey dan akan fokus pada proyek dengan skema progress/monthly payment.

“Perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan implementasi tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko yang hati-hati," pungkasnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com