Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binance Bakal Hentikan Perdagangan Menggunakan Dollar AS

Kompas.com - 12/06/2023, 14:05 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com – Salah satu bursa kripto terbesar di AS, Binance bakal tidak mengizinkan transaksi dilakukan menggunakan dollar AS. Hal ini diumumkan setelah mitra perbankannya menilai perusahaan tersebut berisiko.

Hal tersebut merupakan tanggapan atas tindakan keras oleh regulator federal. Salah satu fungsi utama pertukaran memungkinkan pengguna mengubah uang tradisional mereka menjadi mata uang digital seperti Bitcoin atau Ether. Binance tidak lagi dapat menawarkan layanan itu di AS.

Binance akan beralih ke pertukaran kripto saja, dan menghentikan semua penarikan dan penyetoran dalam mata uang dollar AS. Hal ini akan mulai berlaku setelah 13 Juni 2023.

Baca juga: Binance Dituntut Otoritas Keuangan AS, Industri Kripto Nasional Diklaim Masih Aman

“Penghentian perdagangan dengan dollar AS akan berlangsung sampai kami mendapatkan mitra perbankan yang lebih stabil," kata Binance mengutip Forbes, Senin (12/6/2023).

Sebelumnya, komisi Sekuritas dan Pertukaran menggugat Binance dan menuduh kepala eksekutif Binance, Changpeng Zhao melakukan kesalahan dalam menangani dana pelanggan dan berbohong kepada regulator.

Dalam pengarsipan terpisah, SEC meminta hakim federal di Washington untuk membekukan aset yang terkait dengan pelanggan Binance yang berbasis di AS. SEC mengatakan permintaan pembekuan adalah upaya untuk melindungi aset dan keamanan pelanggan AS mengingat Binance dinilai tidak taat pada aturan pengawasan.

Baca juga: Bappebti: Jumlah Investor Kripto Naik Signifikan, tapi Jumlah Transaksinya Turun


Sehari setelah gugatan SEC, Binance kehilangan sekitar 790 juta dollar AS dari dana investor. Mengikuti gugatan Binance, SEC juga melakukan gugatan yang sama terhadap Coinbase, pesaing utama Binance yang berbasis di AS.

Pada hari Jumat, aplikasi perdagangan seluler Robinhood mengumumkan akan menghapus tiga koin kripto, yang semuanya merupakan koin paling berharga di pasar di antaranya, Cardano, Polygon, dan Solana pada 27 Juni 2023. Kemudian, semua saham akan dijual dan dikreditkan ke akun pemegang sebelumnya.

Ketiga koin tersebut memiliki total kapitalisasi pasar sebesar 31 miliar dollar AS, dan masih sebagian kecil dari pasar dibandingkan kapitalisasi pasar Bitcoin sebesar 540 miliar dollar AS. Cardano, yang terbesar dari ketiganya, turun 4 persen pada hari Jumat.

Baca juga: Peretas Korea Utara Diduga Lakukan Pencurian Kripto Senilai 35 Juta Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com