Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dikirim ke Depo Akhir Juni

Kompas.com - 15/06/2023, 12:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan pengiriman rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terakhir akan datang ke Depo Tegalluar, Bandung pada akhir Juni 2023.

Manager Corporate Communications PT KCIC Emir Monti menjelaskan, kereta cepat Jakarta-Bandung nantinya akan dioperasikan sebanyak 11 rangkaian di mana 1 rangkaian terdiri dari 8 gerbong. Setiap rangkaian dapat mengangkut 601 penumpang.

Saat ini seluruh rangkaian sudah ada di Indonesia, tetapi baru 8 rangkaian yang sudah di Depo Tegalluar. Sedangkan 3 rangkaian lainnya sedang dalam perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Depo Tegalluar.

Baca juga: KCIC Pastikan Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beda Tipis dengan KA Argo Parahyangan

"Diharapkan akhir bulan ini (3 rangkaian KCJB) masuk ke Depo Tegalluar," ujarnya saat site visit di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Ketiga rangkaian yang sedang dalam perjalanan itu dikirim dari pelabuhan ke depo melalui jalan tol sehingga baru bisa dilakukan pada malam hari saat trafik jalan tol tidak terlalu ramai sehingga pengiriman rangkaian tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Itu pengiriman dua kali sehari lewat tol. Jadi harus malam hari dan belum datang semua dan itu sudah di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Mengintip Progres Pembangunan Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pengiriman 3 rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung ini dikebut agar dapat segera dirangkaikan dan dilakukan pengecekan. Sebab, pada 18 Agustus mendatang kereta cepat Jakarta-Bandung akan uji coba dengan penumpang atau soft launching. Setelah itu, barulah KCJB dapat dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.

Berdasarkan catatan Kompas.com, pengiriman rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung yang totalnya berjumlah 11 rangkaian ini dilakukan bertahap dalam beberapa batch.

Adapun rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung ini diproduksi di CRRC Sifang, Oingdao, Provinsi Shandong, China dan dikirim dari pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, China.

Pada batch 1 pada September 2022, dikirim dua rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung yang terdiri dari satu rangkaian kereta inspeksi (Comprehensive Inspection Train/CIT) dan satu rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) untuk penumpang.

Lalu, pada batch 2 di Januari 2023 sebanyak 4 rangkaian EMU untuk penumpang. Sementara 5 rangkaian lain akan datang secara bertahap di Indonesia hingga Maret 2023.

Baca juga: Soft Launching Kereta Cepat Jakarta-Bandung 18 Agustus, Tarifnya Gratis?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com