Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2023, 05:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi menjadi salah satu instrumen penting dalam pengelolaan keuangan. Lantaran, investasi dapat menambah nilai uang serta menjaga kondisi finansial di masa depan.

Ada beragam instrumen investasi, salah satu yang bisa dipilih adalah emas. Instrumen investasi ini bersifat jangka panjang dan relatif aman bagi pemula.

Nah bagi kamu yang ingin memulai berinvestasi di emas, perlu memahami cara investasi yang tepat. Terutama dalam memperhitungkan saat-saat yang terbaik untuk membeli maupun melepas emas.

Baca juga: Investasi Emas Fisik Vs Emas Digital, Pilih Mana?

Mengutip laman cimbniaga.co.id, Minggu (18/6/2023), berikut 5 tips investasi emas bagi pemula:

1. Pastilan tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan kamu tahu untuk apa tujuan berinvestasi. Cara investasi emas yang aman adalah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi.

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Misalnya, kamu sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji kamu sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas.

Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini, maka kamu akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Namun perlu dipahami, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. 

2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Kamu perlu memantau perkembangan harga emas secara berkala. Tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas, sebab banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya.

Ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Memantau perkembangan harga emas penting, sebab meski emas dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang, tapi juga terkadang mengalami penurunan harga.

Ketika turun kamu bisa membeli emas, namun saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, kamu juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya.

3. Beli emas di tempat terpercaya

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com