Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campur Pertamax dan Bioetanol, Pertamina Bakal Jual BBM RON 95

Kompas.com - 20/06/2023, 19:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bakal menjual produk bahan bakar minyak (BBM) baru yakni percampuran Pertamax dengan Bioetanol. Produk hasil percampuran keduanya akan memiliki nilai oktan 95 atau RON 95.

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu sebagai sumber bahan bakar nabati.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamax yang memiliki RON 95 akan dicampur dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5) sehingga menaikkan nilai oktannya.

"Jadi RON 95, karena Pertamax dicampur Bioetanol 5 persen," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (20/6/2023).

Baca juga: Siap-siap, BBM Baru Pertamina Diluncurkan Bulan Ini

Saat ini Pertamina diketahui memiliki tiga produk BBM jenis bensin (gasoline) yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, serta Pertamax Turbo dengan RON 98.

Produk percampuran Pertamax dan Bioetanol itu rencananya akan mulai dijual komersil secara bertahap pada awal Juli 2023 mendatang di Surabaya, Jawa Timur. Terkait harga jual pastinya, Fadjar enggan mengungkapkannya.

"Harganya nanti pada saat peluncuran," imbuh dia.

Baca juga: Soal Kebakaran di SPBU Tlogomas, Pertamina Ungkap Dugaan Awal Penyebabnya

Sebelumnya, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, pemilihan Surabaya sebagai lokasi komersialisasi karena berdekatan dengan produsen bahan baku Bioetanol di Kabupaten Mojokerto dan Malang.

"Mudah-mudahan ini di awal Juli kita bisa melaksanakan untuk wilayah yang terbatas," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Ia mengatakan, bioetanol yang digunakan Pertamina berasal dari hasil fermentasi molases atau tetesan tebu. Dadan pun memastikan, harga Bioetanol tak jauh dari harga jual Pertamax saat ini yang sebesar Rp 12.400 per liter.

"Sekitar begitu (Pertamax) juga harganya, Bioetanol," kata dia.

Baca juga: Titik Terang Pertamina Ambil Alih Blok Masela dari Shell

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com