Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Beroperasi, Tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 Gratis Mulai Hari Ini

Kompas.com - 22/06/2023, 08:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memberlakukan tarif gratis untuk Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam selama masa sosialisasi yang dimulai Kamis (22/6/2023) pukul 08.00 WIB.

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 sepanjang 12,7 kilometer ini baru dioperasikan setelah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 14 April lalu dan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6.

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6  belum berbayar selama masa sosialisasi berlangsung.

Baca juga: CMNP Pastikan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh pada 2023

"Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis, dan patroli.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas di antaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 100 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan," ucapnya.

Sebelum resmi dioperasikan, Hutama karya telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 6-7 Februari lalu.

Baca juga: Mulai Normal Hari Ini, Simak Rincian Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Terbaru

Adapun ULF yang dilakukan meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi, serta memberikan pelatihan kepada petugas terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasiannya.

"Jalan tol ini telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 10.000 kendaraan dengan zero kecelakaan," kata dia.

Nantinya Seksi 5 dan 6 ini akan tersambung ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu, yaitu Seksi 2-4 Seulimeum-Blang Bintang sepanjang 35,8 Km.

Baca juga: Pengadaan Lahan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Selesai Akhir 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com