Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Diteruskan hingga Surabaya, Luhut: Akan Banyak Penghematan

Kompas.com - 22/06/2023, 19:15 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan melanjutkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Kamis (22/6/2023).

"Presiden juga kemarin pada saat diskusi kan melihat peluang untuk meneruskan kereta api ini sampai ke Surabaya," ujarnya saat uji coba KCJB di Stasiun Tegalluar, Bandung, Kamis (22/6/2023).

Dia memastikan dalam proyek lanjutan KCJB ini akan memanfaatkan sumber daya dalam negeri baik untuk tenaga kerjanya maupun material bangunannya.

Baca juga: Kesan Luhut Usai Jajal Kereta Cepat: Nyaman, Tidak Ada Suara Bising

Pasalnya, pada proyek KCJB sekarang ini pemerintah bekerja sama dengan China untuk melakukan transfer teknologi agar Indonesia dapat meneruskan pembangunan kereta cepat sendiri.

"Tentu dengan pengalaman kita, teknologi transfer yang kita harapkan akan terjadi. Karena kita ada hilirisasi, banyak material-materialnya yang akan bisa diproduksi dalam negeri," jelasnya.

Dengan demikian, kelanjutan pembangunan KCJB hingga ke Surabaya diperkirakan tidak hanya membuka lapangan kerja di Indonesia tetapi juga akan lebih hemat dari proyek KCJB saat ini.

"Tentu dengan pengalaman kita sekarang pasti akan banyak penghematan yang akan kita lakukan. Tadi juga Pak Liu (Chairman China State Railway Group) setuju mengenai itu. Kemudian dengan hilirisasi akan banyak material yang tidak perlu kita impor lagi, akan kita gunakan dalam negeri," kata Luhut di Stasiun Halim, Jakarta.

Baca juga: Wamen BUMN: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 18 Agustus 2023

Dengan Kereta Cepat, Jakarta-Surabaya Cuma 4 Jam

Sebelumnya hal serupa sempat diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub menyebut proyek KCJB akan diperpanjang dari hingga Surabaya, dari saat ini cuma dari Halim ke Tegalluar.

Dengan kereta cepat, maka rute Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam sehingga bisa bersaing dengan pesawat udara.

"Kereta cepat juga gitu kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya (Kereta Cepat Jakarta Surabaya)," kata Budi Karya dikutip pada Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Bakal Beda Tipis dengan Argo Parahyangan, Berapa Tarif Ideal Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com