Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Nomor Kartu ATM Ada di Buku Tabungan?

Kompas.com - 23/06/2023, 17:36 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Apakah nomor kartu ATM ada di buku tabungan? Bagi banyak nasabah yang awam, pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan.

Nomor kartu ATM atau kartu debit adalah identitas bagi nasabah, di mana setiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Namun secara umum, nomor kartu ATM pada bank-bank yang ada di Indonesia berjumlah 16 digit.

Setiap nasabah yang membuka tabungan di bank biasanya akan diberikan dua nomor, pertama nomor rekening, dan kedua adalah nomor kartu ATM apabila nasabah membuka tabungan dengan fasilitas layanan tarik tunai.

Yang kerap disalahpami, banyak nasabah yang masih awam mengira kalau nomor kartu ATM itu sama dengan nomor rekening. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Baca juga: Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu ATM, Memangnya Bisa?

Nomor kartu ATM berisikan informasi terkait nasabah perbankan dan juga menjadi salah satu lapisan keamanan. Nomor ini juga bersifat rahasia, sehingga tak boleh sembarangan memberitahukan kepada orang lain.

Nomor kartu ATM juga memiliki tanggal kadarluasa atau masa berlaku. Keterangan ini tertera di bagian depan kartu ATM. Ini tentunya berbeda dengan nomor rekening yang tidak memiliki batasan kadarluasa.

Apakah nomor kartu ATM ada di buku tabungan?

Yang harus diketahui, tidak ada informasi terkait nomor kartu ATM di buku tabungan. Nomor kartu tidak bisa ditemukan pada kartu debit milik nasabah.

Sesuai namanya, nomor kartu ATM tertera pada kartu ATM, tepatnya di bagian depan. Jadi anggapan nomor kartu ATM di buku tabungan adalah hal yang keliru.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA, Bisa Online Kalau Hilang

Untuk diketahui saja, buku tabungan adalah buku yang dipegang nasabah dan berisi bukti sekaligus identitas bahwa orang tersebut adalah benar nasabah di bank bersangkutan.

Di bagian halaman pertama buku tabungan, secara umum berisi informasi antara lain sebagai berikut:

  • Nama nasabah
  • Jenis tabungan
  • Alamat nasabah
  • Kantor cabang pembukaan
  • Tanda tangan nasabah
  • Tanggal pembukaan rekening
  • Nomor rekening

Sementara pada halaman selanjutnya, apabila dicetak, maka berisi histori transaksi nasabah seperti tarik saldo, setoran, bunga, biaya administrasi, dan berbagai jenis mutasi lainnya.

Jadi apakah nomor kartu ATM ada di buku tabungan? Jawabannya tentu saja tidak. Anda tidak akan menemukan nomor kartu ATM di buku tabungan.

Baca juga: Letak Nomor Kartu ATM Mandiri, Jangan Keliru

Kesimpulannya, apakah nomor kartu ATM ada di buku tabungan? Jawabannya adalah tidak, karena nomor kartu ATM di buku tabungan adalah sebuah kekeliruan.Muhammad Idris/Money.kompas.com Kesimpulannya, apakah nomor kartu ATM ada di buku tabungan? Jawabannya adalah tidak, karena nomor kartu ATM di buku tabungan adalah sebuah kekeliruan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com