Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cetak Buku Tabungan BCA, Bisa tanpa CS

Kompas.com - 24/06/2023, 17:13 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cetak buku tabungan BCA bisa jadi alternatif bagi nasabah yang ingin melihat data transaksi di rekeningnya alias mutasi. Print buku tabungan BCA bisa dilakukan dengan gampang.

Cetak buku tabungan BCA memang kerapkali diperlukan untuk berbagai kebutuhan antara lain pengajuan kredit, pengajuan beasiswa, pengajuan visa, dan sebagainya.

Apabila nasabah melakukan print buku tabungan BCA, maka seluruh transaksi dalam semua periode bisa dibaca pada buku tabungan. Print buku tabungan BCA sendiri berbeda dengan cetak rekening koran.

Bila cetak buku tabungan BCA dilakukan pada lembar buku tabungan yang dimiliki nasabah, maka rekening koran pihak bank akan mencetaknya di lembar kertas terpisah.

Baca juga: Cara Buka Tabungan BCA, Syarat, dan Biaya Adminnya

Cetak rekening koran juga biasanya akan dikenakan biaya, biasanya tarifnya akan dikenakan per lembar. Lalu bagaimana cara cetak buku tabungan BCA? Simak artikelnya berikut.

Cara cetak buku tabungan BCA

Mengutip laman resmi Bank BCA, berikut tahapan prosedur print buku tabungan BCA di petugas layanan customer service (CS) kantor cabang.

  1. Datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat
  2. Ambil nomor antrean untuk bertemu CS, nasabah bisa meminta bantuan satpam yang berjaga di depan
  3. Tunggu antrean
  4. Jika sudah dipanggil CS, sampaikan keinginan untuk print buku tabungan BCA
  5. Petugas CS akan melalukan verifikasi identitas nasabah dengan meminta KTP dan buku tabungan
  6. Jika proses verifikasi selesai, petugas CS akan mencetak buku tabungan
  7. Selesai

Tidak ada biaya sepeser pun dalam cetak buku tabungan BCA. Namun apabila Anda mencetaknya melalui CS, kerugiannya Anda harus menyisihkan waktu untuk mengantre.

Cetak buku tabungan BCA atau print buku tabungan BCA di petugas CS kelemahannya adalah nasabah harus mengantre sangat lama saat kantor cabang ramai.Muhammad Idris/Money.kompas.com Cetak buku tabungan BCA atau print buku tabungan BCA di petugas CS kelemahannya adalah nasabah harus mengantre sangat lama saat kantor cabang ramai.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA

Cetak buku tabungan BCA di ATM

Nah apabila Anda enggan direpotkan dengan antrean print buku tabungan secara konvensional di CS dengan mengambil antrean, Anda bisa mencoba cetak buku tabungan BCA di ATM khusus.

Mesin ini sebenarnya disebut dengan e-Service, namun banyak nasabah yang menyamakannya dengan mesin ATM. Dengan cara ini, nasabah tak perlu antre berlama-lama.

Namun demikian, tak semua kantor cabang Bank BCA sudah difasilitasi dengan mesin e-Service. Nah berikut ini cetak buku tabungan BCA di ATM melalui e-Service:

  1. Klik ‘Mulai’ pada layar mesin e-Service
  2. Klik pilihan ‘Cetak Buku Tabungan’, lalu pilih ‘Setuju’ pada syarat dan ketentuan
  3. Pilih menu ‘Kartu ATM’
  4. Lalu nasabah akan diminta menggesek kartu ATM pada mesin EDC BCA
  5. Input PIN ATM BCA pada mesin EDC
  6. Lalu masukkan nomor rekening BCA milik nasabah
  7. Masukkan halaman buku yang akan dicetak, kemudian masukkan nomor baris pada buku
  8. Berikutnya masukkan buku tabungan ke dalam mesin printer yang tersedia
  9. Klik ‘Lanjut’, lalu pilih ‘Cetak’
  10. Nasabah bisa tunggu sampai mesin e-Service selesai mencetak transaksi mutasi.

Itulah informasi lengkap seputar cara cetak buku tabungan BCA, di mana print buku tabungan BCA bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semoga membantu.

Cara cetak buku tabungan BCA bisa tanpa melalui CS. Caranya, dengan cetak buku tabungan BCA di ATM e-Service. Opsi print buku tabungan BCA ini tak mengharuskan Anda mengantre berlama-lama.Muhammad Idris/Money.kompas.com Cara cetak buku tabungan BCA bisa tanpa melalui CS. Caranya, dengan cetak buku tabungan BCA di ATM e-Service. Opsi print buku tabungan BCA ini tak mengharuskan Anda mengantre berlama-lama.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA, Bisa Online Kalau Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com