Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Nama Pelabuhan di Provinsi Lampung Adalah

Kompas.com - 01/07/2023, 15:12 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Nama pelabuhan di Provinsi Lampung adalah Bakauheni. Namun itu adalah nama salah satu pelabuhan yang paling terkenal di provinsi tersebut.

Bakauheni sendiri merupakan nama pelabuhan di Lampung sebagai penyeberangan menuju ke Pelabuhan Merak di Banten. Keduanya merupakan pelabuhan penyeberangan tersibuk di Indonesia.

Sejatinya, pelabuhan di Lampung tak hanya Bakauheni. Tercatat saat ini, ada 20 daftar pelabuhan yang beroperasi di provinsi paling Timur Pulau Sumatera tersebut.

Jika Bakauheni adalah pelabuhan Lampung paling ramai untuk aktivitas kapal penyeberangan, pelabuhan paling besar untuk kegiatan bongkar muat peti kemas adalah Pelabuhan Panjang.

Baca juga: Profil Pelabuhan Bakauheni Lampung, Jadwal, dan Harga Tiketnya

Selain melayani angkutan kapal logistik antar-pulau di dalam negeri, Pelabuhan Panjang juga termasuk pelabuhan untuk ekspor impor dari dalam ke luar negeri.

Sisanya adalah pelabuhan-pelabuhan yang relatif kecil, kebanyakan diperuntukan untuk kapal nelayan sebagai aktivitas perdagangan hasil perikanan dan pelabuhan pariwisata.

Daftar Pelabuhan Lampung

Nah, berikut ini daftar nama pelabuhan di Provinsi Lampung dikutip dari laman resmi Pemprov Lampung dan BPKP:

1. Pelabuhan Panjang

Pelabuhan Lampung pertama yang merupakan terbesar untuk aktivitas kapal logistik adalah Pelabuhan Panjang. Pelabuhan ini berada di Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung.

Pelabuhan di Lampung ini dikelola oleh BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan menjadikannya sebagai salah satu pelabuhan utama di Pulau Sumatera.

2. Pelabuhan Bakauheni

Yang paling terkenal, nama pelabuhan di Provinsi Lampung adalah Bakauheni. Pelabuhan ini dikhusus untuk aktivitas kapal penyeberangan Pulau Jawa dan Sumatera.

3. Pelabuhan Tarahan

Pelabuhan Tarahan bisa dibilang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Bakauheni maupun Panjang. Namun di Lampung, Tarahan bisa dikatakan salah satu yang terbesar.

Peruntukan Pelabuhan Tarahan adalah untuk bongkar muat aktivitas kapal ikan nelayan. Selain itu, pelabuhan di Lampung ini juga berfungsi sebagai lokasi pelelangan ikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com