Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen BUMN: BBM Pertamax Green 95 Dibanderol Sekitar Rp 13.200 Per Liter

Kompas.com - 03/07/2023, 20:20 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis terbaru yang diberi nama Pertamax Green 95 dengan harga Rp 13.200 per liter.

Hal ini diungkapkan Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury ditemui di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Nantinya uji coba pasar akan dilakukan di Jawa Timur dan Jakarta. Pahala menjelaskan, nantinya akan ada 17 titik SPBU untuk penjualan produk Pertamax Green 95 yang dibuat menggunakan campuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5).

Baca juga: BBM Baru Pertamina Pertamax Green 95 Dijual Mulai Juli 2023

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan. Dalam hal ini, Pertamina menggunakan tebu.

"(Pertamax Green 95 dijual) di harga Rp 13.200 per liter, di kisaran segitu. Kemungkinan ada 17 titik SPBU yang akan menjual Green Pertamax 95. Kurang lebih 11 titik di Jatim, mungkin 6 titik di Jakarta," kata Pahala dilansir dari Kontan.co.id.

Pahala menjelaskan, dari uji coba yang akan dilakukan ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan untuk memperluas penjualan ke daerah lain.

Baca juga: Nama BBM Baru Pertamina dan Kota Pertama yang Menjualnya

Meski demikian, pengembangan bioetanol kini masih dihadapkan pada tantangan ketersediaan bahan baku yang terbatas. Selama ini, kebutuhan bioetanol dipasok oleh Energi Agro Nusantara (Enero), anak usaha PTPN.

"Nanti kalau misalnya kita lihat sukses kita akan kembangkan juga untuk menambah kapasitas produksi bioetanol," imbuh Pahala.

Selain itu, dalam penambahan produk Pertamax Green 95 ini, Pahala memastikan Pertamina tidak perlu mengucurkan investasi untuk penambahan nozzle di SPBU. (Filemon Agung)

Baca juga: Pemerintah Masih Kaji Kebijakan Aturan Persulit Kendaraan BBM

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bakal Mulai Uji Coba, BBM Pertamax Green 95 Dibanderol Sekitar Rp 13.200 Per Liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com