Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama BBM Baru Pertamina dan Kota Pertama yang Menjualnya

Kompas.com - 26/06/2023, 12:29 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bakal menjual produk bahan bakar minyak (BBM) baru yang diberi nama Pertamax Green 95. Produk ini merupakan hasil percampuran Pertamax dengan Bioetanol.

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu sebagai sumber bahan bakar nabati.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, Surabaya akan menjadi kota awal yang menjual Pertamax Green 95. Ia bilang, akan ada 10 SPBU di Surabaya yang menjual produk itu.

Baca juga: Pemerintah Masih Kaji Kebijakan Aturan Persulit Kendaraan BBM

"Sementara kita siapkan sekitar 10 SPBU (di Surabaya)," ungkap dia kepada Kompas.com, Senin (26/5/2023).

Adapun pemilihan Surabaya sebagai lokasi komersialisasi tahap awal, dikarenakan berdekatan dengan produsen bahan baku Bioetanol yang ada di Kabupaten Mojokerto dan Malang.

Pada Minggu (25/6/2023), Irto pernah menjelaskan, keunggulan Pertamax Green 95 adalah lebih ramah lingkungan dibanding ketiga produk BBM jenis bensin (gasoline) lainnya.

Saat ini jenis bensin yang dijual Pertamina yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, serta Pertamax Turbo dengan RON 98.

Baca juga: Pemerintah Bakal Persulit Mobil BBM, Ini Respons Pengusaha

Pertamax Green 95 lebih ramah lingkungan karena terdapat campuran Bioetanol sebesar 5 persen (E5). Dengan demikian, produk ini akan mendukung upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

"Ini (Pertamax RON 95) mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil," ujar Irto.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, produk BBM terbaru Pertamina itu targetnya bisa mulai dijual pada Juli 2023 .

"Mudah-mudahan ini di awal Juli kita bisa melaksanakan untuk wilayah yang terbatas," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Baca juga: Campur Pertamax dan Bioetanol, Pertamina Bakal Jual BBM RON 95

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com