Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Hijau, Saham Tesla Melonjak 6,9 Persen

Kompas.com - 04/07/2023, 07:13 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham AS atau Wall Street ditutup di zona hijau pada akhir perdagangan Senin (3/7/2023) waktu setempat. Wall Street ditutup lebih awal menjelang libur hari kemerdekaan AS yang jatuh pada 4 Juli 2023.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 10,87 poin, atau 0,03 persen dan berakhir pada level 34.418,47. S&P 500 menguat 0,12 persen pada level 4.455,59, sedangkan Nasdaq bertambah 0,21 persen menjadi 13.816,77.

Saham Tesla melonjak 6,9 persen setelah produsen kendaraan listrik itu melaporkan angka pengiriman dan produksi yang mengalahkan ekspektasi analis. Stok kendaraan listrik lainnya termasuk Rivian, Fisker, dan Lucid naik secara beriringan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Ditutup di Zona Hijau

Sesi singkat hari Senin menandai dimulainya bulan perdagangan baru kuartal II-2023. Pada akhir perdagangan pekan lalu, kinerja indeks semester I-2023 mencatatkan kanaikan. Nasdaq melojak 31,7 persen dan merupakan kenaikan paruh pertama terbesarnya sejak 1983.

Sementara itu, indeks S&P 500 melonjak 15,9 persen dan merupakan kinerja paruh pertama terbaik sejak 2019. Dow Jones Industrial Average naik moderat, hanya 3,8 persen. Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA Research mengatakan, reli di pasar saham mucul karena antusiasme seputar kecerdasan buatan mendorong kenaikan harga saham - saham teknologi.

Di sisi lain, dia menilai data ekonomi terbaru menunjukkan ekonomi AS yang tangguh. Beberapa kekhawatiran investor Wall Street mengenai potensi penurunan indeks dalam periode yang lama, juga mulai berkurang.

"Alih-alih terlalu khawatir, mungkin investor ingin memastikan bahwa mereka tidak kehilangan potensi positif di semester kedua sekarang karena babak pertama telah memberi awal yang baik,” kata Stovall mengutip CNBC.

Indeks manajer pembelian manufaktur ISM untuk bulan Juni mencatatkan hasil yang lebih buruk dari yang diharapkan. Indeks bulan Juni yang berada di bawah level 50, menandakan bahwa aktivitas ekonomi sedang menurun. Di akhir pekan ini, investor akan mengikuti data di pasar tenaga kerja.

Baca juga: Lampaui Perkiraan Analis, Tesla Produksi 479.700 Kendaraan Listrik pada Kuartal II 2023

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com