Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana, SF Sekuritas Luncurkan Galeri Investasi Digital

Kompas.com - 11/07/2023, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) serta Perkumpulan Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (SIDDHI) meresmikan Galeri Investasi Digital BEI, Senin (10/7/2023) di SIDDHI Center, Grogol, Jakarta Barat.

Pembukaan galeri investasi tersebut menjadi istimewa dikarenakan ini merupakan Galeri Investasi Digital BEI pertama dari SF Sekuritas sekaligus yang pertama pula untuk komunitas Buddhis Indonesia.

SIDDHI merupakan badan otonom yang berada di bawah naungan Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI), salah satu organisasi Buddhis terbesar dan tertua di Indonesia yang sudah berusia hampir 70 tahun.

Baca juga: Demi Literasi Pasar Modal, Mandiri Sekuritas Buka Kembali Galeri Investasi

Direktur Utama SF Sekuritas Steffen Fang mengungkapkan, dengan adanya galeri investasi digital ini mampu menjadi sarana edukasi keuangan dan pasar modal, tidak hanya untuk komunitas SIDDHI, tetapi juga masyarakat luas.

“Kami berharap, ini menjadi pusat edukasi dan penggerak ekonomi anggota dan masyarakat pada umumnya dapat tercapai lebih cepat. Tentu saja kami juga berharap dukungan penuh dari PT Bursa Efek Indonesia baik pusat maupun melalui Kantor Perwakilan BEI yang ada di seluruh Indonesia,” kata Steffen.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrik menyampaikan, dalam sepuluh tahun terakhir penipuan berkedok investasi memakan banyak korban, dengan kerugian mencapai Rp 100 triliun. Menurut dia, diri sendiri dan masyarakat perlu dilindungi.

“Orang yang sudah paham investasi pasar modal, sudah bisa membedakan mana investasi yang benar, mana penipuan berkedok investasi. Dengan adanya Galeri Investasi Digital ini, masyarakat bisa terlindungi dari penipuan berkedok investasi,” kata Jeffrey.

“Pada akhirnya nanti, akan semakin banyak masyarakat Indonesia, khususnya umat Buddha Indonesia bisa dengan bangga mengatakan Aku Investor Saham,” ungkap Jeffrey.

Baca juga: Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Civitas Academica, IPB Hadirkan Galeri Investasi

 


Ketua Umum SIDDHI Wahyudi Akbar mengungkapkan, dengan adanya GID ini, diharapkan mampu mengedukasi komunitas Buddhis tentang investasi yang benar, dan menggunakan pasar modal sebagai salah satu cara menciptakan kemandirian finansial.

“Ini sebuah terobosan. Dengan adanya galeri investasi digital ini kami akan ambil peranan untuk mengedukasi sehingga teman-teman Buddhis mempunyai pandangan yang lebih tepat tentang investasi,” papar Wahyudi.

SF Sekuritas sendiri saat ini sedang fokus menggalakkan program edukasi yang bernama SOLUSI Pasar Modal. SOLUSI sendiri adalah akronim dari Sistem-Kolaborasi-Literasi-Edukasi-Inklusi dan Inkubasi. Program SOLUSI Pasar Modal bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal.

Baca juga: BEI Resmikan Galeri Investasi ke-500

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com